Pendidikan

Hebat, Mahasiswa Polindra Indramayu Ciptakan Serabi Instan Bebas Kolesterol

Senin, 06 Juli 2020 - 11:27 | 91.80k
Serabi instan kerasi mahasiswa Polindra. (foto: dok Polindra)
Serabi instan kerasi mahasiswa Polindra. (foto: dok Polindra)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Perkembangan dunia usaha telah memunculkan banyak pebisnis dari kalangan milenial. Salah satunya, mahasiswa Politeknik Negeri Indramayu atau Polindra, Muhamad Abdan. Berkat kreativitas dan inovasinya, ia berhasil menciptakan produk makanan khas Indonesia, yakni Serabi.

Uniknya, Serabi instan kreasi Abdan memiliki kelebihan bebas kolesterol sehingga aman dikonsumsi semua kalangan.

Bahkan, srabi instan berlabel Serabi Kersa itu pernah lolos dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tingkat Nasional yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2019.

Kepada TIMES Indonesia, mahasiswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak itu menjelaskan awal ketertarikannya mengembangkan home industry tersebut. Ya, Abdan terinspirasi dari usaha sang orang tua.

Polindra-Indramayu-1.jpg

"Orangtua saya sudah menjalankan usaha Serabi selama sekitar 10 tahun dan kadang menemui kendala dalam penjualan," ujar Abdan, Senin (6/7/2020).

Berangkat dari pengalaman pribadi itulah, dirinya berinisiatif membuat inovasi. Dengan sedikit sentuhan teknologi, ia akhinya mampu menciptakan Serabi yang dapat dinikmati semua orang secara mudah dan cepat.

"Karena bisa dimasak di rumah masing-masing," ujar Abdan.

Dalam menjalankan ide usahanya, Abdan tidak sendirian, ia dibantu oleh 4 rekannya sesama mahasiswa untuk meracik bahan, takaran hingga menentukan desain kemasan. Ia juga dibantu para dosen yang membimbing dari mulai pembuatan produk sampai pemasaran.

"Alhamdulillah banyak dibantu dosen-dosen disini (Polindra) untuk menyempurnakan produk kami," ujar dia.

Abdan menyatakan, cita rasa serabi instan miliknya tidak berbeda dengan serabi buatan sang ibu. Sedangkan cara pembuatan cukup mudah hanya dengan mengikuti petunjuk dibalik kemasan.

"Kelebihan dari Serabi ini juga telah teruji dan bersertifikat Produksi Pangan – Industri Rumah Tangga (SPP-IRT)," ujar Abdan.

Berdasarkan hasil penelitian, kandungan dalam produk serabi Instan kreasi mereka terbukti bebas kolesterol dan rendah gula. Karenanya, Serabi Kersa aman untuk dikonsumsi semua orang.

"Karena serabi dibuat dengan bahan-bahan alami dan tidak mengandung pengawet, serta dapat bertahan selama 3 bulan jika di simpan dengan benar," ujar Abdan.

Setiap kemasan serabi instan dibanderol dengan harga Rp8 ribu. Pembeli dapat menikmati Serabi Instan dengan aneka varian rasa.

"Dari usaha ini Alhamdulillah saya bisa membiayai kuliah saya dan membantu orangtua juga," tutur Abdan.

Ia beruntung karena jika selama proses pengerjaan dirinya selalu mendapat dukungan dan bimbingan dari para dosen di Polindra Indramayu. Para dosen Polindra Indramayu mendukung kreatifitas mahasiswa tersebut hingga akhirnya go public.

"Saya ingin produk serabi instan dapat dipasarkan secara luas, sehingga makanan khas ini tetap ada dan bisa dinikmati masyarakat luas," ujar Abdan, mahasiswa Polindra Indramayu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES