Wisata

Datang Yuk, Ada Kampung Lawas di Kota Batu 

Minggu, 05 Juli 2020 - 22:15 | 151.15k
Suasana Kampung Lawas yang menarik dikunjungi dengan suasana tradisional dan pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Suasana Kampung Lawas yang menarik dikunjungi dengan suasana tradisional dan pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Sebuah destinasi wisata rakyat menarik berdiri di tengah permukiman padat penduduk. Hari ini, Minggu (5/7/2020) warga Desa Giripurno Kota Batu melaunching Kampung Lawas di desa mereka. 

Di tempat ini pengunjung bisa berjalan-jalan menikmati suasana Kampung Lawas bernuansa tempo dulu beserta kuliner tradisionalnya. 

Suasana-Kampung-Lawas-b.jpg

Mulai menikmati jajanan cenil, rujak uleg, pecel hingga jangan lodeh (sayur lodeh-red). Penjualnya pun tidak hanya berpakaian khas Jawa Timuran, namun juga memperhatikan protokol kesehatan. 

Tidak hanya disana sini tersedia tempat cuci tangan, setiap waktu petugas adat mengingatkan warga dan penjual agar menggunakan masker dan menjaga jarak. 

Bahkan penjual rujak pun saat melayani pembeli tidak hanya menggunakan masker tapi juga menggunakan kaos tangan. Melihat itu pengunjung pun tidak akan ragu untuk memakan berbagai sajian kuliner ditempat ini. 

Warga Desa Giripurno benar-benar bisa bangkit dari Covid-19, dari daerah Pandemi Covid-19 menjadi Kampung Tangguh Covid-19. 

Kampung yang berkonsep tradisional tempo doeloe ini menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi pengunjung. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati beragam sajian kuliner khas Desa Giripurno sambil berfoto selfie di depan berbagai ornamen tempo doeloe. 

Kampung Lawas yang berada di jalan Sakura, Dusun Krajan, Desa Giripurno ini juga menawarkan pemandangan alam yang eksotik. Cocok untuk dijadikan background foto terbaik. 

Beragam wahana bisa dinikmati disini mulai dari Taman Umbul atau mandi di sumber air alami Soyie, Track MTB, Sawah Jogging Track, Kesenian dan Budaya. 

Ketua BPD Desa Giripurno, Heru Setya Adji mengatakan Kampung Lawas yang dibangun warga secara bersama-sama ini merupakan bentuk dari upaya menggeliatkan kembali perekonomian warga Desa Giripurno yang terdampak Covid-19. 

"Kita mengubah perilaku masyarakat agar protokol kesehatan yang sudah dilakukan semakin membudaya, sambil kita wujudkan masyarakat tangguh ekonomi, tangguh keamanan dan mandiri," kata Heru. 

Sebenarnya, kata Heru, apa yang disajika  di Kampung Lawas ini adalah kehidupan sehari-hari yang bisa ditemui di jalan Sakura, Dusun Krajan, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji. 

"Barang-barang yang dipamerkan ini bukan barang pengadaan baru, tapi ya memang barang-barang kuno peninggal orang tua dulu," ujar Heru. 

Suasana-Kampung-Lawas-c.jpg

Hasilnya sambil menikmati kuliner, pengunjung bisa berfoto selfie di beberapa spot yang ada di desa ini. "Rencananya akan kita adakan setiap minggu," ujarnya. 

Kegiatan hari ini diawali dengan senam pagi, bazar kampung lawas dan launching Kampung Lawas. Warga Desa Giripurno sangat antusias mengikuti kegiatan ini, suasana Kampung Lawas sangat ramai dikunjungi warga. 

" Alhamdulillah laris, jualan saya laku terjual. Kegiatan ini semakin membuat kita tidak was-was, kalau dulu ke warung saja khawatir, sekarang tidak lagi," ujar Fitri, salah seorang penjual warga Desa Giripurno saat di Kampung Lawas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES