Peristiwa Daerah

Lantik Pengurus HMI Cabang Kuningan, Ini Harapan Ketum Badko HMI Jabar

Minggu, 05 Juli 2020 - 20:05 | 107.26k
Pengurus HMI dan Kohati Cabang Kuningan bersama Pengurus Badko HMI Jawa Barat, Wakil Bupati, Wakil Ketua DPRD, dan Undangan. (Foto: HMI Kuningan For TIMES Indonesia)
Pengurus HMI dan Kohati Cabang Kuningan bersama Pengurus Badko HMI Jawa Barat, Wakil Bupati, Wakil Ketua DPRD, dan Undangan. (Foto: HMI Kuningan For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KUNINGAN – Ketua Umum Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Jabar, Khoirul Anam Gumilar Winata secara resmi melantik pengurus HMI Cabang Kuningan periode 2019-2020.

Dalam proses pelantikan itu, Ketua HMI Cabang Kuningan Asep Karsono beserta jajaran pengurus bersumpah dalam melaksanakan kewajibannya. Nampak hadir dari unsur Badko Hmi Jabar, Wakil Bupati Kuningan Muhammad Ridho Suganda, Wakil Ketua DPRD Kuningan Ujang Kosasih, perwakilan unsur Polres Kuningan, Ketua KNPI Kuningan, beserta seluruh organisasi ekstra kampus seperti PMII Kuningan, GMNI Kuningan, IMM Kuningan.

Khoirul Anam menerangkan, di Badko Jawa Barat HMI Cabang Kuningan yang resmi merupakan hasil mekanisme organisasi hanya ada satu kepengurusan, yaitu yang diketuai Asep Karsono atau lebih dikenal Asep Bunglon.

Pihaknya tidak memungkiri adanya dualisme kepengurusan, tetapi setelah melalui musyawarah bersama kedua kandidat, hanya ada satu kepengurusan yang disampaikan Badko Jawa Barat ke Pengurus Besar HMI.

"Kewenangan Badko saat ini adalah mengesahkan cabang yang kemudian ditetapkan oleh PB HMI. PB tidak ngurusin cabang, karena tugasnya sangat banyak. Di sinilah peran badan koordinasi," kata Anam kepada TIMES Indonesia, Minggu (5/7/2020).

Setelah pelantikan itu, Anam berharap, kepengurusan Asep dan jajarannya bisa fokus kepada eksistensi organisasi yaitu melakukan perkaderan dan berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

Menurutnya, HMI Kuningan harus lebih serius kepada potensi yang dimiliki, supaya bisa memberikan manfaat untuk umat dan bangsa. "Selanjutnya fokus ke gerakan organisasi supaya lebih produktif," ujarnya. 

Hal senada diungkapkan Wakil Bupati Kuningan, Muhammad Ridho Suganda. Pihaknya berharap HMI dan Kohati Kuningan bisa berkontribusi membangun Kuningan sesuai visi misi yang sedang dicapai. Ridho juga berharap sumbang saran mahasiswa yang membangun yaitu kritik dan saran yang disertai solusi atau gagasan untuk perbaikan.

"Selamat untuk HMI dan Kohati Kuningan. Selamat menjalankan tugas, mari sama-sama bangun Kuningan supaya masyarakatnya bisa mandiri, agamis, dan unggul," tuturnya.

Sementara, Ketua Umum HMI Cabang Kuningan, Asep Karsono bersyukur karena pada akhirnya kepengurusan cabang bisa dilantik. Selain persoalan dinamika organisasi, alasan kepengurusannya baru dilantik karena terkendala pandemi Covid-19 yang tidak mengharuskan organisasi atau lembaga untuk menggelar acara.

Setelah dilantik, lanjut Asep, pihaknya akan melaksanakan tugas dan fungsi organisasi, yang selain mengakader mahasiswa menjadi insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam juga menjadi agen kontrol masyarakat supaya tercipta perubahan yang lebih baik.

"Insya Allah untuk satu periode kedepan beragam program sudah kami susun. Mohon doa supaya bisa melaksanakan amanah dengan baik," tutur Ketua HMI Cabang Kuningan pasca dilantik oleh Badko HMI Jabar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES