Wisata

Wagos Gresik Jadi Pilihan Wisata Sejarah Nan Instagramable

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:55 | 144.12k
Ketua Pengelola Wagos Gresik, Misbakhud Dawam saat memberikan keterangan pers. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Ketua Pengelola Wagos Gresik, Misbakhud Dawam saat memberikan keterangan pers. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Dalam upaya mempertahankan sejarah dan potensi cagar budaya, Wisata Alam Gosari (Wagos) Kabupaten Gresik, Jawa Timur terus eksis. Bahkan, wisata di Gresik ini mulai berbenah dengan menambah fasilitas dan wahana taman bunga serta spot foto.

Wisata yang berada di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah ini memang terdapat goa dengan prasasti butulan. Bahkan, prasasti tersebut diusulkan agar menjadi cagar budaya sehingga bisa dilestarikan.

Wagos-Gresik-b.jpg

Pengelola Wagos Misbakhud Dawam mengatakan sejak dibuka pasca pandemi Covid-19, para pengunjung dari berbagai daerah telah berkunjung. Bahkan, adanya taman bunga cakra dewi menambah daya tarik utama.

"Adanya taman bunga ini diharapkan jadi daya tarik karena bagus untuk layar foto. Ke depan akan prospek bagus. Kita ingin jadi wisata produktif karena nantinya bunga ini bisa dijualbelikan ke pengunjung," katanya, Minggu (5/7/2020).

Wagos-Gresik-c.jpg

Dawam menambahkan sejak awal dibukanya wisata ini, pengelola ingin mempertahankan unsur sejarah di kompleks wisata. Maka dari itu selain ada puluhan spot foto Instagramable, pengelola juga mengonsep wisata edukatif sejarah.

Ketika new normal saat ini ujar Dawam, pengelola wisata terus berupaya menerapkan protokol kesehatan ketat seperti melakukan cek suhu badan, cuci tangan dan wajib bermasker.

"New normal kali ini protokol kami tingkatkan. Tapi kita optimis ke depan akan ada lagi wahana tambahan setiap tahunnya sehingga nantinya prasasti butulam bisa diakses dengan mudah," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Gresik dr Asluchul Alif mengapresiasi adanya wisata yang berada di desa yang mulai berkembang dan bisa menghasilkan pendapatan asli desa (PADes). Selain itu, wisata ini juga menumbuhkan sektor ekonomi masyarakat.

Wagos-Gresik-f.jpg

Alif mengungkapkan, ia pun mendukung langkah desa dan pengelola wisata yang terus berusaha untuk mendapatkan status cagar budaya dari pemerintah demi mempertahankan prasasti butulan.

"Jadi ini sangat bagus sekali. Saya sendiri sudah dua kali ke sini. Kami pun sangat mendukung Prasasti Butulan bisa menjadi cagar budaya di Gresik, ya nantinya bisa berada satu kompleks dengan Wisata Wagos ini," tambahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES