Peristiwa Nasional

Marak Warga Bersepeda saat New Normal, Kapolres Ngawi Ingatkan Ini

Minggu, 05 Juli 2020 - 19:30 | 94.04k
Bersepeda jadi hobi dadakan warga Ngawi. (FOTO: Ardian Febri TH/ TIMES Indonesia)
Bersepeda jadi hobi dadakan warga Ngawi. (FOTO: Ardian Febri TH/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, NGAWI – Pandemi Covid-19 memunculkan hobi dadakan di kalangan warga Ngawi yakni bersepeda alias gowes. Memasuki new normal, makin banyak pesepeda berseliweran di jalanan kota Ngawi hingga ke pelosok pedesaan.

Mulai pagi hingga malam ada saja goweser yang terlihat. Sebagian besar mereka bersepeda secara kelompok. Ada yang menggunakan sepeda standar atlet, namun kebanyakan menggunakan fun bike untuk sekadar berkeliling kota.

"Kami bersepeda hanya ingin menjaga kesehatan supaya imun tidak drop. Jadi tidak mudah terserang Covid-19," ujar Nick Niko salah satu pesepeda asal Ngawi.

Bersepeda-jadi-hobi-dadakan-warga-Ngawi-2.jpg

Di balik maraknya hobi bersepeda, ada bahaya mengancam di jalan raya. Meskipun tidak mengendarai kendaraan bermotor, para goweser tetap harus memperhatikan aturan lalu lintas demi keselamatan.

Sudah ada dua kejadian kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pesepeda. Di jalur Pangkur, seorang pengendara sepeda motor meregang nyawa karena menghindari pesepeda searah di depannya. Kejadian serupa terjadi di Karangjati. Seorang pesepeda tertabrak sepeda motor saat menyeberang.

"Memang sudah ada 2 kejadian kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda,” ujar Kapolres Ngawi AKBP Dicky Ario Yustisianto, Minggu (05/07/2020)

AKBP-Dicky-Ario-Yustisianto.jpg

Demi keamanan, Kapolres Ngawi mengingatkan agar bersepeda menggunakan jalur lambat yang telah disediakan. Jika melintas di jalur pedesaan hindari bergerombol agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. 

"Taati aturan lalu lintas dan perhatikan rambu-rambu di jalan raya," kata Kapolres.

Sepeda juga perlu dilengkapi lampu depan dan belakang. Penggunaan lampu juga sewajarnya karena fungsi utamanya agar pengguna akan lainnya mengetahui keberadaan pesepeda saat malam hari.

"Dari hal yang sepele yakni tidak mengindahkan peraturan bersepeda akan berdampak pada diri sendiri dan orang lain apabila sudah di jalan raya. Termasuk bagi pengendara sepeda,” tegas Kapolres Ngawi. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES