Glutera News

Jalan Kaki Setelah Makan, Ini Beragam Manfaatnya

Minggu, 05 Juli 2020 - 13:58 | 46.31k
Ilustrasi (FOTO: Gluteranews)
Ilustrasi (FOTO: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat merasa kenyang setelah makan, kita biasanya lebih suka diam di tempat duduk dibandingkan bergerak atau melangkah. Namun, apakah kamu tahu bahwa jalan kaki setelah makan memiliki manfaat untuk kesehatan?

Penelitian menemukan bahwa jalan kaki setelah makan mampu menurunkan kadar gula darah sebesar 12-22 persen. Menurut Andrew Reynolds peneliti dari Universitas Otago, Selandia Baru, dengan menerapkan kebiasaan tersebut secara rutin, diabetes akan bisa dicegah. Jim Mann, profesor Universitas Otago, juga mengungkapkan bahwa glukosa pasca-makan sudah sejak lama dipercaya sanggup mengelola diabetes tipe 2. Karena itu, penting bagi siapa pun untuk membiasakan diri bergerak setelah makan agar penyakit tersebut bisa dicegah dan diatasi.

Manfaat Jalan Kaki Setelah Makan Menurut Penelitian

Berikut manfaat jalan kaki 15 menit setelah makan yang akan berpengaruh untuk kesehatan.

1. Pencernaan

Berjalan-jalan selama 15 menit setelah makan dapat membantu meningkatkan pencernaan Anda dan mencegah gangguan pencernaan seperti gangguan pencernaan atau sembelit.

2. Bakar kalori

Berjalan kaki 15 menit setelah makan dapat membantu membakar kalori, sehingga makanan yang Anda makan tidak sepenuhnya menumpuk jadi lemak.

3. Metabolisme

Kebiasaan jalan kaki setelah makan dapat meningkatkan metabolisme. Jika Anda ingin menerapkan gaya hidup sehat, cara terbaik dan mudah untuk meningkatkan metabolisme Anda adalah dengan berjalan kaki setelah makan.

4. Kadar gula darah

Jika Anda menderita diabetes atau cenderung memiliki kadar gula darah tinggi, sebaiknya Anda harus menjaga kadar gula darah. Jalan kaki setelah makan dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh Anda.

5. Sirkulasi darah

Kebiasaan jalan kaki setelah makan ini juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan itu baik untuk jantung Anda.

6. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis disebabkan oleh adanya penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, rapuh, dan rentan patah. Dengan berjalan kaki, Anda dapat membangun dan mempertahankan kesehatan tulang.

7. Tidur nyenyak

Apakah Anda sulit tidur nyenyak? Hal ini biasanya dialami oleh para orang tua. Jika Anda sulit untuk tidur nyenyak, cobalah setelah makan, berjalan-jalan selama 15 menit untuk menyehatkan pencernaan Anda dan mendorong kualitas tidur yang baik di malam hari.

8. Mengurangi stres

Rutin berjalan kaki dapat mengurangi dan mencegah stres. Ketika berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya, tubuh Anda melepaskan hormon endorfin yang membuat Anda merasa lebih baik, mengurangi rasa cemas, serta depres

Bagaimana Cara yang Benar Jalan Kaki Setelah Makan?

Jalan kaki setelah makan yang dimaksud di sini bukanlah langsung berjalan setelah selesai makan, melainkan memberi waktu terlebih dahulu bagi tubuh untuk beristirahat sebentar sekitar 10-15 menit. Setelah itu baru Anda bisa melakukan jalan kaki selama 15 menit.

Namun Anda tidak dianjurkan untuk berjalan cepat atau berlari setelah makan besar. Hal ini bisa membuat suplai darah yang seharusnya membantu proses pencernaan menjadi dialihkan untuk berjalan cepat. Ini dapat membuat jantung bekerja dua kali lipat lebih besar.

Sementara itu bagi penderita diabetes dibutuhkan waktu yang lebih lama sebelum mulai jalan kaki setelah makan, yaitu 1-2 jam setelah makan. Hal ini untuk menunggu saat insulin dan kadar gula darahnya menurun tetap. Karena jika langsung jalan kaki setelah makan akan mengacaukan kerja dari insulin dalam mengatur kadar gula darah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES