Indonesia Positif

Ratusan KPM Terima BLT DD

Rabu, 13 Mei 2020 - 09:02 | 1.11m
FOTO: dok. Diskominfo Kab Pasuruan
FOTO: dok. Diskominfo Kab Pasuruan

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Sebanyak 678 KPM  (keluarga penerima manfaat) di 6 desa di Kabupaten Pasuruan, hari ini menerima BLT DD (bantuan langsung tunai-dana desa). Bantuan ini diberikan oleh Pemerintah Pusat untuk warga miskin terdampak Covid-19 dan bukan warga yang sudah mendapatkan bantuan dari APBD atau APBN seperti PKH (program keluarga harapan), BPNT (bantuan pangan non tunai) , BLT (Bantuan Langsung Tunai) maupun bantuan pra kerja bagi karyawan/buruh. Secara simbolis, bantuan tersebut diserahkan oleh Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron kepada 103 KPM  di Desa Sadengrejo, Kecamatan Rejoso, Rabu (13/05/2020) pagi. Menurut Wabup Mujib, masing-masing KPM menerima uang tunai sebesar Rp 600 ribu yang diterima kan setiap bulan, dan diberikan selama 3 bulan. Yakni terhitung April hingga Juni 2020.

"Di tengah Pandemi Covid-19 ini, pemerintah terus hadir untuk bisa membantu masyarakat kurang mampu. Salah satunya melalui program BLT-DD ini,“ katanya. Dijelaskan Mujib, dalam teknis pemberian bantuan, para penerima menerima kartu virtual account yang diberikan oleh Bank yang dipercaya (dalam hal ini Bank Jatim, untuk nantinya bisa langsung diambil di hari dan jam kerja. "Karena ini di tengah Pandemik, maka Kaur Keuangan bisa mewakili untuk mengambilkan uangnya, kemudian langsung dibagikan kepada warga sesuai nama data penerimanya,“ jelasnya. Lebih lanjut Gus Mujib mengungkapkan, BLT DD sudah sesuai ketentuan yang diatur dalam Permendes dan PDTT Nomor 6 tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 40 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Dana Desa yang diinstruksikan pemerintah Pusat. ikea uk near me

Dalam ketentuannya, bagi desa dengan Dana Desa di bawah Rp 800 juta per tahun akan menggunakan untuk BLT maksimal 25 persen dari pagu anggaran. Untuk Dana Desa Rp 800 juta sampai Rp1,2 miliar maksimal dialokasikan sebesar 30 persen untuk BLT. Sedangkan Dana Desa (DD) yang mencapai lebih dari Rp 1,2 miliar atau lebih, Dana Desa tersebut dialokasikan sebesar 35 persen untuk BLT. Dengan diberikannya BLT DD ini, Gus Mujib berharap kepada para penerima agar betul-betul memanfaatkan bantuan ini untuk kebutuhan sehari-sehari selama Pandemi Covid-19. "Semoga bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat kurang mampu dalam berjuang menghadapi Pandemic Covid-19. Khususnya untuk kebutuhan pangan setiap bulannya,“ harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-8 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES