Peristiwa Daerah

Bertemu Pelaku UMKM Gresik, Gus Yani Beri Solusi Cerdas

Minggu, 05 Juli 2020 - 09:36 | 29.57k
Gus Yani saat bertemu dengan sejumlah pelaku UMKM (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Gus Yani saat bertemu dengan sejumlah pelaku UMKM (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Bertemu dengan Ketua DPRD Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani), sejumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kabupaten Gresik, Jawa Timur curhat karena sektor usaha kecil kurang mendapat perhatian dari pemerintah. 

Dalam kesempatan itu, Ketua Dewan Pengurus Cabang Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (DPC Iwapi), Ninis Trisilowati mengatakan sejak pandemi Covid-19 kalangan usaha mikro sangat terdampak. 

Maka dari itu, pemerintah harus hadir memberikan solusi agar mereka bisa survive kembali di tengah pandemi. "Jadi memang harus ada solusi konkret yang dilakukan, pemerintah daerah harus hadir," katanya, Minggu (5/7/2020).

Ninis pun mengaku sejak sepuluh tahun terakhir, pemerintah daerah kurang serius dalam memberikan perhatian. Pelaku UMKM masih susah mendapatkan akses permodalan maupun promosi.

"Jadi, jika serius dalam mengurusi UMKM maka harus di bawah manajemen Bupati Gresik secara langsung. Seperti yang sudah dilakukan Bupati Banyuwangi," tambahnya.

Mendengar keluh kesah para pejuang ekonomi ini, Gus Yani memberikan sejumlah solusi cerdas dalam mengelola UMKM sehingga kembali berdaya. Selain itu, bisa eksis di tengah pandemi Covid-19.

"Ada beberapa solusi yang kami sampaikan seperti membuat konsep pengembangan yang kuncinya ada di kecamatan serta terus disinergikan dengan Pemdes dan Bumdes," ungkapnya.

Solusi lain juga dipaparkan Gus Yani diantaranya jangka pendek dengan membentuk tim pengembangan dan pemberdayaan usaha mikro kecil menengah.

Lalu, Yani pun berjanji akan memaksimalkan pelatihan sertifikasi PIRT serta tercapainya peningkatan pemahaman tentang pentingnya kualitas produk dan kemasan.

"Dan menciptakan produk pangan yang aman dan bermutu serta kemasan produk pangan yang bersih, sehat, menarik dan komunikatif," tambah dia.

Kemudian, untuk jangka menengah ujar Gus Yani pihaknya akan mengupayakan tersedianya sarana promosi dan pemasaran produk UMKM melalui koperasi dan toko besar di Kecamatan.

"Untuk jangka panjang yakni terbentuknya kerjasama pemasaran produk UMKM dengan Supermarket (seperti kabupaten Banyuwangi) dan distributor luar daerah," jelas Gus Yani yang juga Bakal Calon Bupati Gresik ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES