Peristiwa Daerah

Gempa 5,3 SR di Blitar, Terasa di Malang Hingga Cilacap

Minggu, 05 Juli 2020 - 04:27 | 64.78k
ILUSTRASI - Gempa. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
ILUSTRASI - Gempa. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGGempa terjadi di laut selatan Kabupaten Blitar, Minggu (5/7/2020) dini hari. Getaran gempa terasa di Malang, hingga Bantul dan Cilacap.

Menurut keterangan dari BMKG Karangkates, parameter gempa tersebut yakni berkekuatan 5,3 SR dan titik pusat gempa berada di 129 KM tenggara Kabupaten Blitar dan 131 KM barat daya Kabupaten Malang. 

"Gempa tidak berpotensi tsunami," kata Kepala BMKG Karangkates, H Musripan kepada TIMES Indonesia. Dia menyatakan, dari catatan BMKG gempa ini berkekuatan besar paling besar hingga Juli 2020.

gempa-blitar.jpgTitik episentrum Gempa Blitar. (Foto: BKMG Karangkates for TIMES Indonesia)

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi pergerakan lempeng Indo-Autralia," sebutnya.

Menurutnya, getaran gempa terasa di beberapa daerah. Diantaranya Blitar, Karangkates, Malang, Trenggalek, Nganjuk, Pacitan, Jember, Bantul dan Cilacap.

"Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," ungkapnya. Dia mengatakan hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut.

Selanjutnya dia mengimbau kepada masyarakat agar tidak resah terkait gempa di Blitar yang dirasakan hingga Malang, Cilacap dan beberapa daerah lainnya tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES