Gaya Hidup

Lima Pilihan Menu Sarapan Sehat dan Praktis

Minggu, 05 Juli 2020 - 06:11 | 58.68k
Ilustrasi - Membuat menu Sarapan Sehat (FOTO: Freepik/Senivpetro)
Ilustrasi - Membuat menu Sarapan Sehat (FOTO: Freepik/Senivpetro)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Manfaat sarapan sangat penting untuk memberikan pasokan energi yang dibutuhkan tubuh untuk melalui hari yang panjang. Tidak hanya itu, sarapan pagi juga dapat membantu tubuh lebih efisien dalam mengolah makanan sebagai energi, sehingga Anda jadi tidak cepat merasa lapar di siang hari. Jika Anda malas makan berat, Anda bisa memilih makanan sederhana untuk menu sarapan sehat. Apa saja?

1. Sereal

Sereal merupakan pilihan tepat untuk menu sarapan karena penyajiannya yang mudah dan hemat waktu. Sebagian besar sereal sarapan sudah difortifikasi dengan vitamin dan mineral, sehingga membuat sereal jadi pilihan menu sarapan yang lebih bergizi untuk Anda dan sekeluarga.

Untuk membuat menu sarapan menggunakan sereal, Anda cukup tuangkan susu, masukkan sereal dan tambahkan buah-buahan segar kesukaan Anda, dan sarapan pun siap disantap.

2. Telur

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi telur saat sarapan bisa membuat Anda kenyang lebih lama dengan jumlah kalori yang lebih sedikit. Telur dapat membuat Anda lebih berenergi dan mencegah makan lebih banyak hingga waktu makan siang tiba.

Untuk menyiapkan sarapan sehat yang cepat dan praktis, Anda bisa membuat telur orak-arik (scrambled egg). Agar lebih bergizi, Anda bisa menambahkan sayuran seperti wortel, jagung, bayam cincang ataupun jamur ke dalamnya. Jika Anda ingin lebih kenyang, cukup selipkan telur orak-arik di tengah roti gandum.

3. Greek yogurt

Greek yogurt adalah yogurt yang sudah melewati tiga kali proses penyaringan untuk mengurangi kadar airnya, sehingga yogurt jenis ini mengahasilkan teksur yang cenderung lebih kental dibandingkan dengan yogurt biasa. Selain itu, yogurt jenis ini mengandung kalsium dan protein yang hampir dua kali lebih banyak dibanding yogurt biasa sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Pilihlah plain greek yogurt (greek yogurt tawar tanpa perasa apapun) kemudian Anda bisa tambahkan buah-buahan segar, kacang almond (atau kacang lainnya sesuai selera), dan granola untuk memberikan sedikit rasa manis serta meningkatkan kandungan vitamin, mineral, dan serat dalam menu sarapan Anda.

4. Oatmeal

Semangkuk bubur oatmeal mengandung serat tinggi yang bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Oatmeal sendiri berasal dari oats, yaitu gandum untuh yang sudah melalui proses penggilingan.

Oatmeal memiliki rasa yang cenderung hambar. Meski begitu, Anda bisa mencampurkan bubur oatmeal Anda dengan madu, potongan buah segar sesuai selera Anda, yogurt, atau bahan lainnya yang tidak kalah menyehatkan untuk rasa yang lebih mengundang selera.

5. Pisang

Buah pisang juga bisa jadi menu sarapan sehat yang mudah dibuat dan disajikan untuk Anda dan keluarga. Teksturnya yang lembut serta rasanya yang manis menjadikan buah satu ini banyak digemari orang.

Untuk menu sarapan sehat, Anda bisa memakan pisang dengan berbagai cara. Misalnya, dimakan langsung, dibuat smoothies, ditambahkan ke dalam sereal atau oatmeal, dan dengan cara lainnya sesuai selera Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : klikdokter.com

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES