Kesehatan

Ayo Rajin Bersepeda! Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Minggu, 05 Juli 2020 - 05:21 | 74.62k
Ilustrasi - Olahraga bersepda (FOTO: Freepik)
Ilustrasi - Olahraga bersepda (FOTO: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bersepeda adalah salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan. Meski demikian, bersepeda sangat berguna untuk tubuh secara keseluruhan. Apa saja manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh?

Berikut adalah manfaat bersepeda yang harus Anda tahu, dilansir dari Doktersehat.

1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Manfaat bersepeda bisa banyak dirasakan tubuh karena hampir semua anggota tubuh dan otot yang terlibat saat Anda bersepeda. Jika dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

2. Meredam Stres

Manfaat olahraga bersepeda lainnya adalah tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit.

Timbulnya rasa nyaman dalam tubuh otomatis akan membuat pikiran Anda lebih tenang. Ketenangan pikiran ini ditambah dengan pemandangan baru yang Anda dapatkan saat bersepeda. Kondisi ini membuat penurunan tingkat stres dalam tubuh akan makin terasa.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Pembakaran kalori tentu saja sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Kombinasikanlah kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan gizi seimbang, untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.

4. Merawat Kondisi Sendi

Sikut, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang akan otomatis bekerja saat bersepeda. Manfaat bersepeda didapatkan dari pergerakan yang baik pada persendian karena akan membuatnya menjadi fleksibel.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Sebuah studi mengungkapkan, bahwa manfaat bersepeda yang bisa didapatkan adalah mengurangi risiko kanker. Studi itu menujukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab diabetes. Bersepeda adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Sebuah studi di menunjukkan bahwa bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes.

7. Mengatasi insomnia

Bagi Anda yang memiliki insomnia, manfaat bersepeda dipercaya mengatasi gangguan yang Anda alami. Cobalah bersepeda selama 20-30 menit setiap 2 hari sekali. Dengan begitu waktu terlelap Anda akan datang lebih cepat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES