Gaya Hidup

Cara Ampuh Bangun Kedekatan Ayah dan Bayi

Minggu, 05 Juli 2020 - 04:31 | 51.70k
Ilustrasi - Membangun kedekatan ayah dan anak (FOTO: Freepik/SenivPetro)
Ilustrasi - Membangun kedekatan ayah dan anak (FOTO: Freepik/SenivPetro)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kesibukan para ayah membuatnya hanya memiliki sedikit waktu dengan bayinya. Hal ini seringkali membuat bayi lebih dekat dengan ibu daripada dengan ayah. Tapi Ayah tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar ayah juga memiliki kedekatan dengan bayi seperti dengan sang ibu. Berikut lima cara ampuh membangun kedekatan ayah dengan bayi, dilansir dari theasiantparent.com.

1. Memeluk Bayi

Pelukan bisa membuat ikatan batin antara orangtua dan anak semakin kuat. Ayah bisa mebangun kedekatan dengan bayi dengan memeluknya. Jika bersamaan dengan waktu memberikan susu, gendong bayi dengan posisi yang sama seperti saat disusui ibu. Biarkan bayi melihat langsung ke mata Ayah, ikatan yang kuat akan terjalin saat itu.

2. Bangun Malam

Saat bayi terbangun tengah malam, Ayah bisa menggantikan ibu untuk mengganti popok atau memberi susu pada bayi kesayangan Anda. Jika bayi masih konsumsi ASI, pastikan istri telah menyimpan ASIP di frezeer sehingga Ayah tinggal menghangatkannya saja. Kegiatan malam hari adalah waktu yang sangat sempurna untuk membangun kedekatan ayah dan bayi.

3. Membawa Bayi Berjalan-jalan

Bayi sangat menyenangi udara segar, jadi bawalah ia berjalan-jalan di sekitar rumah. Daripada menggunakan stroller, lebih baik Anda memakai gendongan yang membuat bayi tetap dekat dengan Anda.

4. Meluangkan Waktu Bermain

Jadwalkan waktu bermain bersama bayi, dan buatlah menjadi rutinitas sesibuk apapun Anda. Hal ini akan membantu anak mengingat waktu spesialnya bersama ayah dan menantikannya.

5. Mengganti Popok

Waktu mengganti popok juga bisa menjadi saat-saat kebersamaan yang menambah kedekatan Ayah dengan sang bayi, tentu saja Ayah harus berusaha mengabaikan bau tidak sedap yang muncul dari popok kotornya. Ajaklah bayi mengobrol atau membuat suara-suara lucu saat mengganti popoknya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES