Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Aparat Ingatkan Warga Bondowoso yang Nongkrong

Sabtu, 04 Juli 2020 - 16:42 | 21.66k
Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz dan Dandim 0822 Letkol Inf Jadi, saat memimpin patroli besar untuk mendisiplinkan warga yang sedang berkumpul di seputaran Alun-Alun RBA Ki Ronggo (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz dan Dandim 0822 Letkol Inf Jadi, saat memimpin patroli besar untuk mendisiplinkan warga yang sedang berkumpul di seputaran Alun-Alun RBA Ki Ronggo (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pada awal penyebaran Virus Corona (Covid-19), aparat gabungan membubarkan warga yang cangkruan (nongkrong). Namun jelang penerapan new normal (adaptasi kebiasaan baru). Pembubaran itu tak lagi dilakukan.

Sebagaimana yang dilakukan aparat gabungan di Bondowoso, yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan sejumlah pihak terkait lainnya. Mereka melakukan patroli besar-besaran di tempat-tempat keramaian.

Namun bukan untuk membubarkan warga, tapi hanya untuk mengingatkan mereka, agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Patroli dipimpin langsung Dandim 0822 Letkol Inf Jadi dan Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz. Aparat keamanan ini, menyisir Alun-Alun RBA Ki Ronggo, dan sejumlah keramaian lainnya, Jumat (3/7/2020) malam.

Dandim 0822 Letkol Inf Jadi mengatakan, bahwa patroli kali ini hanya mendisiplinkan warga, agar tetap mematuhi protokol kesehatan. 

"Tidak membubarkan, tapi memberikan edukasi, memberikan sosialisasi lagi. Tentang protokol kesehatan. Pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Itu yang kita lakukan," paparnya saat dikonfirmasi.

Menurutnya, di semua tempat keramaian nanti akan didatangi, untuk kegiatan serupa. Yakni pendisiplinan warga. "Termasuk kecamatan-kecamtan," imbuhnya.

Sementara itu Kapolres Bondowoso, AKBP Erick Frendriz mengatakan, bahwa meski maklumat Kapolri Nomor MAK/2/III/2020 tentang larangan berkerumun dicabut. Namun disusul maklumat berikutnya, yakni pendisiplinan protokol kesehatan.

"Ini sebenarnya beriringan, pendisiplinan kesehatan menunju new normal. Seperti perintah presiden, menerapkan new normal harus bertahap," katanya.

Menurutnya, aparat tidak melarang nongkrong. Tapi hanya mengimbau, agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan. "TNI-Polri, pagi, sore, malam kami keliling," jelas Erick.

Pantauan di lokasi, tampak angota TNI-Polri, mendatangi langsung warga yang lagi berkumpul. Hal itu untuk mengingatkan mereka agar tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan. Tak jarang, Kapolres dan Dandim juga bergurau dengan sejumlah warga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES