Kesehatan

5 Manfaat Rutin Konsumsi Kale Ratunya Sayur

Sabtu, 04 Juli 2020 - 17:22 | 60.86k
kale, sayur yang kaya gizi
kale, sayur yang kaya gizi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seiring dengan pola hidup sehat yang dijalankan, popularitas kale juga ikut mencuat. Terbukti sayur dari daratan Eropa ini banyak diburu. Kale ratunya sayuran, julukan yang tepat untuk disematkan pada daun itu.

Kale memang mengandung segudang manfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin dan mineral pada kale yang lengkap membuat sayur ini masuk dalam jajaran superfood. 

Dilansir dari Womentalk, berikut ini manfaat jika mengonsumsi kale

Baik untuk pencernaan

Kale mengandung serat yang sangat tinggi, dengan kadar kalori yang rendah serta kandungan lemak yang sedikit. Hal itu membuat kale baik untuk pencernaan. Ada sedikit lemak dalam kale, namun sebagian besar lemak di dalamnya adalah asam lemak omega 3 yang disebut alpha linolenic acid. 

Pembentukan hemoglobin

Kandungan zat besi dalam kale sangat tinggi, bahkan melebihi kandungan zat besi yang ada di dalam daging hewani. Kandungan inilah yang dibutuhkan untuk proses pembentukan hemoglobin dan enzim pembawa oksigen ke seluruh tubuh.

Menyehatkan Jantung

Mengonsumsi rutin sayuran ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yang berefek pada kesehatan jantung. 

Mencegah kanker

Vitamin K, karotenoid, dan flavonoid dalam kale diperlukan untuk mencegah serangan dari aneka jenis kanker. Tak itu saja, kale juga menekan risiko Alzheimer karena daun ini mengandung vitamin K yang banyak.

Mengobati penyakit dalam

Penyakit seperti arthritis, asma, dan penyakit autoimun dapat diobati lewat kandungan senyawa anti inflamasi dan asam lemak omega 3 di dalam kale.

Membersihkan racun

Kale ratunya sayuran ini juga mampu memberishkan racun dalam tubuh. Sebab kale mengandung nutrisi isothiocyanates dan glucosinolates. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Womentalk

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES