Kesehatan

Mengenal Kale, Ratunya Sayur yang Berasal dari Eropa

Sabtu, 04 Juli 2020 - 14:28 | 353.81k
daun kale segar. (FOTO: k24klik.com)
daun kale segar. (FOTO: k24klik.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kale mungkin sayur ini masih jarang Anda dengar. Sebenarnya kale adalah salah satu sayur yang memiliki kandungan gizi yang lengkap. Karena itu kale ratunya sayur pantas disematkan pada daun ini.

Kale sebenarnya bukan sayur yang tumbuh di Indonesia. Kale tumbuh subur di daratan Eropa. Namun kini kale telah sukses dibudidayakan di Indonesia. 

Kale atau borecole masuk ke dalam spesies tanaman Brassica oleracea kelompok Acephala. Sayuran berwarna hijau dan ungu ini yang masih satu 'bangsa' dengan kubis, kailan, dan brokoli. 

Ahli nutrisi menyebut, satu cangkir kale mentah mengandung 33 kalori. Sementara kandungan proteinnya bisa mencapai 3 gram dan seratnya 2,5 gram. Kale kaya asam folat yang baik untuk perkembangan otak dan vitamin A, C, serta K.

Kale juga mengandung vitamin B kompleks, seperti  B1, B2, B3, B6, B9. Tak itu kolin, besi, magnesium, mangan, fosfor, Na dan Zn juga terdapat pada sayuran yang mirip sawi ini. 

Nah untuk mengonsumsinya, kale dapat dibuat salad sayur. Jika Anda tak biasa makan salad sayu, kale juga dapat ditumis, maupun menjadi campuran dalam sup. Kale juga dapat dibuat smooties sebagai menu diet. Tekstur daun kale ratunya sayur ini agak keras, jadi tak mudah layu jika di masak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES