Peristiwa Nasional New Normal Life 2020

Ingin Pariwisata Bangkit, Pokdarwis Kampung Tematik Kota Malang Lakukan Terobosan

Jumat, 03 Juli 2020 - 21:57 | 50.61k
Forkom Pokdarwis Kampung Tematik Kota Malang melakukan MoU dengan Universitas Brawijaya (UB) Malang. (Foto: Humas UB)
Forkom Pokdarwis Kampung Tematik Kota Malang melakukan MoU dengan Universitas Brawijaya (UB) Malang. (Foto: Humas UB)
FOKUS

New Normal Life 2020

TIMESINDONESIA, MALANG – Semenjak Indonesia diganjar pandemi Covid-19, sektor pariwisata mandek total. Forum Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Tematik Kota Malang, Jawa Timur melakukan berbagai terobosan untuk kebangkitan sektor pariwisata.

Ketua Forkom Pokdarwis kampung tematik Kota Malang, Isa Wahyudi, mengatakan Perwali 19/2020 mengatur bahwa semua kampung tematik harus menyediakan antara lain, masker, hand sanitizer, tempat cuci tangan, thermo gun, face shield, sarung tangan, APD, jaga jarak, tempat isolasi, tim gugus tugas dan rumah sakit rujukan.

Isa menegaskan bahwa tidak semua kampung dapat memenuhi persyaratan tersebut. Ada kriteria yang harus dipenuhi oleh kampung tematik.

Forkom-Pokdarwis-Kampung-Tematik-Kota-Malang-a.jpg

“Setelah semua kriteria terpenuhi, pihak Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata meninjau lokasi untuk memberikan sertifikat yang menerangkan bahwa kampung tematik siap beroperasi,” kata Isa Wahyudi dalam keterangannya, Jumat (3/7/2020).

Berbagai terobosan pun dilakukan Forkom Pokdarwis kampung tematik Kota Malang agar denyut nadi masing-masing kampung tematik sebagai destinasi wisata tetap hidup bahkan bangkit kembali.

Universitas Brawijaya (UB) Malang mengajak Forkom Pokdarwis untuk bekerjasama melalui berbagai kegiatan. Antara lain, pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan peningkatan kualitas SDM, serta dukungan program merdeka belajar dan kewirausahaan.

Kerjasama yang diwujudkan dalam sebuah nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) itu ditandatangani oleh pihak Universitas Brawijaya yang diwakili oleh rektor UB, Prof. Dr. Ir Nuhfil Hanani, AR MS dan pihak kampung tematik ditandatangani oleh ketua masing-masing Pokdarwis.

Wakil Rektor III UB, Prof. Abdul Hakim mengatakan pada masa pandemi Covid-19 ini tantangan terberat adalah di sektor pariwisata.

Karenanya Abdul Hakim mengajak semua pengurus Pokdarwis kampung tematik mengambil nilai positif dari pandemi ini.

“Mungkin saja di saat badai Covid-19 melanda, pihak Universitas Brawijaya dapat bekerjasama dengan kampung-kampung  tematik,” ujarnya.

Dalam kerjasama ini, lanjut Abdul Hakim, pihaknya ingin melibatkan mahasiswanya untuk melakukan pengabdian lingkar kampus.

Kasi Pengembangan Kawasan Industri Pariwisata Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Malang, Artis Swastini mengatakan, pihaknya mengapresiasi nota kesepahaman antara Pokdarwis dan Universitas Brawijaya yang merupakan pintu masuk sebagai pengenalan kampung-kampung tematik pada khalayak.

“Sehingga diharapkan para wisatawan datang ke Malang tidak hanya melancong ke Batu, namun bisa mengunjungi  kampung-kampung tematik yang tersebar di Kota Malang,” kata Artis Swastini. 

Kota Malang masih menjadi primadona wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Tercatat sepanjang tahun 2018, kota Malang dikunjungi 15.034 wisatawan mancanegara dan 4,8 juta wisatawan nusantara. Pada Tahun 2017, jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 12.456 orang dan wisatawan lokal sebanyak 4,3 juta orang.

Adapun pada Tahun 2016, jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 9.535 orang dan wisatawan nusantara sebanyak 3,9 juta orang. Pada Tahun 2015, jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 8.754 orang dan wisatawan nusantara sebanyak 3,3 juta orang. Sementara pada Tahun 2014, jumlah wisatawan mancanegara berjumlah 6.025 orang dan wisatawan nusantara berjumlah 2,4 juta orang.

Pokdarwis Kampung Tematik Kota Malang berharap sektor pariwisata ini menjadi perhatian Pemkot Malang mengambil peluang di sektor pariwisata untuk menyambut era new normal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES