Politik

Bawaslu Kabupaten Blitar Siap Kawal Proses Rekrutmen PPDP Pilkada Serentak 2020

Jumat, 03 Juli 2020 - 20:22 | 27.42k
Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Blitar Priya Hari Santosa. (Foto: Bawaslu)
Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Blitar Priya Hari Santosa. (Foto: Bawaslu)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kabupaten Blitar siap mengawal jalannya proses pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) Pilkada Serentak 2020 mendatang. Itu dilakukan agar jadwal tahapan dan persyaratan sesuai dengan peraturan yang ada. 

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Blitar Priya Hari Santosa menyatakan, salah satu upaya Bawaslu adalah dengan menggelar rapat koordinasi bersama Panwaslu Kecamatan pada senin (29/6/2020).

"Rakor tersebut penting dilakukan agar jajaran pengawas ad hoc memahami apa saja yang menjadi fokus pengawasan rekrutmen PPDP yang berlangsung 24 Juni sampai dengan 14 Juli 2020 ini," katanya, Jumat (3/7/2020).

Priya menjelaskan, kinerja PPDP sangat mempengaruhi daftar pemilih. Karena menurutnya PPDP adalah ujung tombak KPU dalam pemutakhiran dan pendaftaran pemilih.

Oleh karena itu, Panwaslu Kecamatan dan Pengawas Kelurahan/ Desa (PKD) diminta mencermati nama-nama PPDP yang sedang direkrut oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS). 

"Untuk merekrut calon PPDP ini, biasanya PPS berkoordinasi dengan RT/RW atau tokoh masyarakat setempat. Dengan begitu bisa didapat PPDP yang benar-benar menguasai medan atau wilayah," urainya.

Bawaslu berharap KPU memiliki persiapan yang maksimal dalam pembentukan PPDP. Semua itu, menurut Priya agar terpilih PPDP yang benar-benar siap dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan prosedur yang ada.

"Sesuai jadwal, rekrutmen PPDP ini dimulai pada 24 Juni - 14 Juli 2020. Selama 20 hari, KPU Kabupaten Blitar harus merekrut 2.278 PPDP yang tersebar di 248 desa di 22 kecamatan se-Kabupaten Blitar," jelas Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Blitar ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES