Peristiwa Nasional

Usai Disidak DPRD, Pemkab Gresik Gratiskan Rapid Test Calon Mahasiswa

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:41 | 34.53k
Ketua DPRD Gresik Fandi Akhmad Yani saat sidak pelaksanaan rapid test di salah satu klinik. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Ketua DPRD Gresik Fandi Akhmad Yani saat sidak pelaksanaan rapid test di salah satu klinik. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIKPemkab Gresik, Jawa Timur akhirnya memberikan fasilitas rapid test gratis bagi calon mahasiswa asal Kota Pudak yang akan mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Hal ini usai disidak ketua DPRD Gresik perihal pelaksanaan rapid test mandiri di salah satu klinik.

Sebagai informasi, syarat mengikuti UTBK atau tes penguruan tinggi negeri yakni harus mengantongi surat kesehatan serta sudah melakukan rapid test dengan hasil non-reaktif.

"Ya karena murah, mangkanya ke sini aja. Saya lebih memilih mengikuti rapid test di laboratorium klinik karena harganya lebih terjangkau meski harus antre hingga pukul 1 siang. Di sini tidak sampai 200 ribu," kata Salman, salah satu calon mahasiswa.

Melihat membeludaknya rapid test di salah satu rumah sakit swasta pada Jumat (3/7/2020) siang, Ketua DPRD Gresik Fandi Akhmad Yani merasa prihatin. Para mahasiswa itu terpaksa antre rapid test di RS swasta karena murah.

Menanggapi hal itu, Gus Yani langsung menelpon Kepala Dinas Kesehatan drg Saifuddin Ghozali. Ia meminta agar puskesmas juga melayani calon mahasiswa yang akan digunakan untuk syarat UTBK.

"Tadi saya telfon Puskesmas Sukomulyo, Manyar, Sidayu dan Driyorejo siap melayani mulai besok jam 9 pagi," imbuhnya.

Lanjut Gus Yani, Pemkab harusnya hadir. Jangan kalah dengan swasta yang memberi diskon kepada calon mahasiswa baru ini. "Pemkab harus hadir, swasta saja bisa bahkan lebih murah," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Moh Qosim melalui Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik Reza Pahlevi menjelaskan, mulai besok para calon mahasiswa sudah bisa mengikuti rapid test gratis asalkan memiliki KTP Gresik.

Reza menyampaikan bahwa untuk sejumlah puskesmas sudah siap melakukan rapid test. Di antaranya Puskesmas Sukomulyo, Sidayu dan Driyorejo.

"Jadi rapid test untuk keperluan siswa atau calon mahasiswa yang mau masuk sekolah atau kuliah, dengan catatan ber KTP Gresik," imbuhnya menanggapi Pemkab Gresik gratiskan rapid test calon mahasiswa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES