Pendidikan

Polindra Indramayu Siap Gelar Praktikum dan Tugas Akhir Sesuai Protokol Kesehatan

Jumat, 03 Juli 2020 - 18:59 | 122.04k
Suasa pembelajaran Praktikum dan Tugas Akhir di Kampus Polindra Indramayu (FOTO: Polindra for TIMES Indonesia)
Suasa pembelajaran Praktikum dan Tugas Akhir di Kampus Polindra Indramayu (FOTO: Polindra for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Dalam masa transisi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal di Kabupaten Indramayu, Kampus Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) sudah siap kembali melakukan aktivitas praktikum dan tugas akhir para mahasiswanya.

Wakil Direktur Bidang Akademik Polindra, Rofan Aziz, ST MT menjelaskan, pelaksanaan kegiatan kuliah tersebut telah dikoordinasikan dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Indramayu. "Sedangkan untuk metode pembelajaran kita telah menetapkan protokol dari Kemendikbud," ujarnya, Jumat (3/7/2020).

Ia menguraikan, dalam pelaksanaannya, Kementerian Pendidikan dan Bebudayaan (Kemendikbud), memberikan tiga pilihan protap. Pertama, pemberian materi berupa teori sepenuhnya dilakukan secara daring.

Polindra-Indramayu-a.jpg

Kedua, praktik yang bisa dilakukan secara daring maka akan dilakukan secara daring. "Ketiga, praktik dan tugas akhir yang tidak bisa dilaksanakan secara daring maka akan dilaksanakan di kampus dengan memenuhi protokol kesehatan," ujar Rofan.

Dari ketiga aspek tersebut, pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dan tetap melaksanakan perkuliahan. "Kita sangat siap dan sudah mempersiapkan semuanya tetaplah kita usahakan semaksimal mungkin," ujar dia.

Selanjutnya, pihak Polindra juga telah membuat protokol Kesehatan, yang sudah diterapkan di area kampus. Di antaranya pengecekan suhu kepada setiap mahasiswa, staf dan dosen yang akan masuk ke dalam kampus Polindra.

Selain itu, masyarakat Polindra wajib mengenakan masker diarea kampus tanpa terkecuali, dan wajib menerapkan sosial distancing di area kampus. "Setiap kelas sudah disiapkan handsanitazer, serta di setiap gedung terdapat wastafel otomatis berteknologi sensor karya mahasiswa Polindra," ujar Rofan.

Polindra-Indramayu-b.jpg

Protokol kesehatam lainnya yang juga diterapkan ialah setiap mahasiswa yang akan memasuki kelas wajib menyerahkan bukti surat keterangan sehat dari dokter.

"Sedangkan untuk mahasiswa luar daerah, mengikuti beberapa rangkaian tes kesehatan. Dan untuk menjamin hal itu pihak Polindra telah bekerjasama dengan tim Gugus Tugas Kecamatan," ujar Rofan.

Selain itu, dalam kurun waktu 2 pekan, setiap mahasiswa Polindra akan dicek kesehatannya oleh mahasiswa program studi keperawatan yang akan didampingi dosen-dosen yang bertanggung jawab.

Sedangkan untuk metode pembelajaran yang diterapkan, satu kelas dibagi menjadi dua kloter, Jika satu kelas ada 30 mahasiswa maka untuk kloter pertama yang masuk hanya 15 mahasiswa. "Konsepnya dibuat menjadi setengah dari kondisi normal, dan untuk absensi sudah berjalan seperti biasanya," urainya.

Muhammad Arif Rahman, salah satu mahasiswa Polindra, jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara mengatakan, jika dirinya tidak merasa terbebani, karena sebagai mahasiswa itu merupakan hak mereka untuk mendapatkan pembelajaran.

"Mungkin untuk rasa takut semua orang pasti ada, Karana sekarang masih musim Covid-19 harus tetap menjaga kesehatan dan melaksanakan protap yang ada," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Politeknik Negeri Indramayu Casiman Sukardi, ST. MT menyampaikan, bahwa hal ini dilakukan untuk mengejar ketertinggalan para mahasiswa. Karena mau tidak mau, pendidikan vokasi yang diutamakan adalah kematangan skill.

"Kalau semuanya daring, skill-nya akan kurang, serta untuk menjaga kualitas lulusan Polindra kita mau tidak mau harus dilakukan, namun tetap dengan pengawasan Tim Gugus Tugas Kabupaten Indramayu," ujar dia. (Adv)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES