Peristiwa Daerah

Personel PMI Cek Suhu Tubuh Jamaah Shalat Jumat Masjid di Gumilir Cilacap

Jumat, 03 Juli 2020 - 18:09 | 63.30k
Petugas PMI Cilacap, sedang melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap jamaah shalat Jumat dimasjid Qoryatul Khoiriyah Gumilir, Cilacap. (Foto: dok PMI for TIMES Indonesia)
Petugas PMI Cilacap, sedang melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap jamaah shalat Jumat dimasjid Qoryatul Khoiriyah Gumilir, Cilacap. (Foto: dok PMI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Personel Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap turut membantu pelaksanaan shalat Jumat di Masjid Qoryatul Khoiriyah yang terletak di Jl Urip Sumoharjo, Kelurahan Gumilir Kecamatan Cilacap Utara pada Jumat (3/7/2020).

Kepala Markas PMI Kabupaten Cilacap, Wasis, SSos, MM, melalui staff bidang SDM dan Humas, R Endro Teguh Kusumo mengatakan, 2 personel PMI dari unsur Korps Suka Rela (KSR) diterjunkan untuk melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap jamaah.

"Ini mengingat masjid yang terletak dipinggir jalan raya serta berjarak 200 meter dari markas, tidak menutup kemungkinan ada jamaah sebagai pelaku perjalanan yang kebetulan melintas dan melaksanakan shalat Jumat," ucapnya.

Untuk itu, lanjutnya, mereka menerjunkan Kurnia Permana dan Ruci Indra Jhaladri melaksanakan tugasnya dengan dibekalil peralatan di antaranya thermo gun, sarung tangan latex, masker PMI, face Shield serta rompi merah PMI sebagai penanda.

"Alhamdulilah, tidak tidak ditemukan jamaah yang terindikasi sakit atau mengalami gangguan kesehatan seperti flu, pilek, batuk dan sejenisnya. Rata-rata suhu jamaah juga tidak ada yang melebihi dari 37,5°C, sehingga diperkenankan memasuki masjid mengikuti jalannya shalat Jumat berjamaah," terang Endro.

Kesadaran jamaah dalam berdisiplin memakai masker juga sudah baik, terlihat ada beberapa yang tidak memakai masker, karena terlupa, segera diingatkan oleh petugas masjid, untuk mengambil maskernya dikendaraan atau dirumah sebelum memasuki masjid.

"Beberapa galon yang terisi air untuk mencuci tangan lengkap dengan sabunnya, juga telah disediakan takmir masjid sehinggal seluruh jamaah setelah dicek suhu tubuhnya, langsung menuju tempat cuci tangan dan baru diperkenankan memasuki masjid," jelasnya.

Pengaturan shaf di dalam masjid juga dilakukan dengan penanda agar para jamaah berjarak, sesuai protokol kesehatan serta imbaun membawa alat shalat sendiri, dalam hal ini sajadah.

Diberlakukannya protap ini secara disipilin, diharapkan mencegah penyebaran covid-19, di lingkungan Masjid Qoryatul Khoiriyah Gumilir, sehingga kesehatan bersama dapat dijaga untuk kepentingan semua.

"Serta semua berharap tidak terjadi pandemi covid-19 gelombang kedua, khususnya di Kabupaten Cilacap," pungkas Kepala Markas PMI Kabupaten Cilacap melalui staff PMI bidang SDM dan Humas dalam rilisnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES