Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Menwa Unisma Malang Sukses Gelar Lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan Online

Jumat, 03 Juli 2020 - 08:41 | 115.09k
Antusias peserta saat cerdas cermat secara online berlangsung. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Antusias peserta saat cerdas cermat secara online berlangsung. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Satuan Resimen Mahasiswa 836/Macan Putih Unisma Malang sukses menggelar Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan Online Tingkat Nasional pertama di Indonesia, Senin (29/06/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar wawasan kebangsaan di kalangan pemuda agar memiliki jiwa Nasionalisme, bela negara dan juga jiwa toleransi antar umat beragama di tengah-tengah pandemi covid 19.

"Wawasan kebangsaan itu sangat mutlak untuk dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia, wawasan kebangsaan tidak timbul dengan sendirinya, tetapi muncul bertahap pada diri seseorang, yaitu dengan seringnya menegakkan wawasan yang diketahuinya dan kemudian bisa diaplikasikan kepada kehidupannya sehari-hari," ujar M. Fausen selaku Dansatgas.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

Pengawas.jpg

Kegiatan yang bertema "Cerdas Bernegara Cerdas Bela Negara" diikuti 100 peserta dari 21 perwakilian provinsi Se-Indonesia di antaranya Aceh, Medan, Riau, Sumbar, Sulawesi tengah, Sulsel, Kalimantan Utara, Kalbar, NTT, NTB, Sumatera Selatan, Lampung, Riau, Kepri, Bangka belitung, Maluku dan Papua, dan lain-lain.

Untuk teknis dalam perlombaan ini menggunakan aplikasi zoom dengan sistim gugur, untuk sesi pertama dibagi menjadi 4 room di dalam 1 room berisi 25 orang peserta dan 3 orang dari panitia. Masing-masing room akan dikualifikasi hingga tersisa 5 orang peserta.

Drs. Teguh Santosa. M.Pd dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Malang dan Kapt. Kav. Sumaryono Komandan Koramil Lowokwaru Malang selaku Juri Pengawas Lomba, memberikan apresiasi mendalam atas kegiatan yang diselengarakan Menwa unisma malang terlebih lagi dilaksanakan di musim pandemi Covid-19.

“Kegiatan seperti ini, sangat mendukung peningkatan kualitas pendidikan serta menambah semangat jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada generasi milenia saat ini," ujar Kapt.kav.Sumaryono selaku juri.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

Peserta-cerdas-cermat-online.jpg

"Uniknya lagi, cerdas cermat yang diadakan secara daring  pertama di Indonesia, sehingga membuat para peserta tidak terbatas oleh jarak maupun wilayah untuk dapat mengikut lomba ini," lanjutnya.

Adapun pemenang lomba Cerdas cermat online di antaranya Juara I Cindy Natalie dari SMA Budi Bakti Kalimantan Timur, Juara II Richard Ardhana Simanjuntak dari SMAN 95 Jakarta dan Juara III Rahmad Puja Safitransyah dari SMAN 1 Tanjung Palas Kalimantan Utara.

"Saya tidak menyangka pada saat pengumuman nama saya keluar menjadi pemenang pertama saya sangat terharu,mudahan kegiatan ini bisa terus belanjut untuk menjaga persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa, dengan adanya kegiatan ini kami dapat berkenalan dengan teman-teman di seluruh Indonesia," ujar Cindi Natalie.

Sementara itu, Ka.Ops Menwa Unisma Ahmad Muhsin Rona bersyukur kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan menghasilkan juara yang berkompeten. Peserta yang memenangkan cerdas cermat ini akan mendapatkan trophy, e-sertifikat, uang pembinaan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kepada para pemenang untuk terus semangat belajar meskipun sedang dalam masa pandemi.

"Tidak hanya sebatas apresiasi untuk para pemenang, peserta lomba juga akan mendapatkan pengetahuan baru dan berkesempatan mengikuti Beasiswa Juara Unisma Malang Tahun 2020," kata Ka.Ops Menwa Unisma Malang. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES