Ekonomi

Ketua Dekranasda Sleman Kunjungi UMKM PT Homeware International Indonesia

Kamis, 02 Juli 2020 - 23:30 | 163.78k
Ketua Dekranasda Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo (SP) mengunjungi UMKM PT. Homeware International Indonesia, Kamis (2/6/2020). (Foto: Dekranasda Sleman for TIMES Indonesia)
Ketua Dekranasda Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo (SP) mengunjungi UMKM PT. Homeware International Indonesia, Kamis (2/6/2020). (Foto: Dekranasda Sleman for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SLEMANKetua Dekranasda Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo (SP) beserta tim Dekranasda Kabupaten Sleman dan Dinas Perindag Sleman mengunjungi UMKM PT. Homeware International Indonesia, Kamis (2/6/2020). PT Homeware International Indonesia memiliki tiga pabrik yaitu di Tangerang, Cirebon, dan di Jln. Prambanan-Piyungan, Bokoharjo, Sleman.

PT Homeware International yang ada di Kabupaten Sleman berdiri sejak tahun 2004. Pabrik ini bergerak di bidang kerajinan yakni natural feature, terracotta, dan keramik. Homeware memiliki designer sendiri. Selain itu juga memiliki modifikasi seusia permintaan pembeli. Pasar ekspornya 40% adalah USA. Sisanya Eropa dan Asia.

Ketua-Dekranasda-Sleman-b.jpg

Akibat pandemi Covid-19 mengakibatkan penjualan mereka turun hingga 70%. Namun demikian UMKM ini tetap berusaha untuk bertahan dan produksi.

Bahan dasar tanah liat yang digunakan PT berasal dari Godean. Kualitas tanah liatnya memiliki mutu yang bagus. Kedepan, PT ini akan menyelenggarakan program untuk mengedukasi masyarakat bagaimana cara membuat kerajinan tangan.

Dalam kesempatan tersebut Kustini SP mencoba menganyam eceng gondok kering menjadi rak anyaman.

"Ternyata tidak mudah menganyam seperti ini. Dibutuhkan keahlian khusus dan ketelatenan untuk dapat menghasilkan karya yang bagus. Hasil kerajinan dari PT Homeware ini akan dipasarkan di daerah-daerah pariwisata," terang Kustini.

Diharapkan Ketua Dekranasda Sleman kedepannya pihak PT Homeware dan pemerintah dapat bekerjasama untuk mengadakan pelatihan pemberdayaan masyarakat sekitar. Agar masyarakat khususnya memiliki keahlian membuat kerajinan dan dapat meningkatkan ekonomi warga Sleman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES