Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Sebentar Lagi Banyuwangi Miliki Laboratorium PCR Covid-19

Kamis, 02 Juli 2020 - 19:18 | 29.71k
Sekretaris Daerah Banyuwangi, Mujiono. (FOTO: Agung Sedana/TIMES Indonesia)
Sekretaris Daerah Banyuwangi, Mujiono. (FOTO: Agung Sedana/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Sebentar lagi, Banyuwangi dimungkinkan bakal memiliki laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction). Dengan ini Banyuwangi secara secara mandiri bisa melakukan uji swab test terhadap pasien kemungkinan positif Covid-19.

Untuk saat ini, laboratorium tersebut masih belum dapat difungsikan. Hal ini karena adanya sejumlah peralatan medis yang belum lengkap.

"PCR ini kita memang punya alat dan punya SDM. Akan tetapi kita tidak punya cartridge-nya. Bahasanya di kesehatan itu cartridge-nya,” jata Sekretaris Daerah Banyuwangi, Mujiono, Kamis (2/7/2020).

Disebutkan Mojiono, keberadaan laboratorium PCR ini akan sangat membantu penanganan Covid-19 di Banyuwangi. Dengan ini pemerintah dapat melakukan penanganan dan percepatan ekstraksi terhadap pasien dengan akurat dan cepat.

"Kita mencoba untuk lebih mengetahui terkait penyebaran Covid-19 ini supaya kita tidak terlalu lama. Salah satunya kan kita rapid test, dan ini kayaknya kurang valid. Dari segi umur, rapid test ini juga terbatas. Tapi yang lebih akurat lagi kita harus lakukan PCR," katanya.

Menurutnya, Pemkab Banyuwangi secepatnya akan mengusahakan pengadaan kelengkapan peralatan yang dibutuhkan. Pemkab Banyuwangi juga sudah mengajukan ke Gugus Tugas Pusat.

"Kita dalam waktu dekat juga beli sendiri untuk pengadaan cartridge-nya supaya kita lebih cepat mendeteksi dini terkait dengan penyebaran Covid-19," katanya.

Keberadaan laboratorium PCR ini tentunya sebagai bentuk keseriusan Pemkab Banyuwangi untuk menangani kasus Covid-19 secara cepat dan tepat. Sehingga tidak perlu lagi menunggu lama untuk hasil swab dari Provinsi atau pusat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES