Peristiwa Daerah

Brigade Dalkarhut Kerud Hideung Dibentuk untuk Bantu Cegah Karhutla di Majalengka

Kamis, 02 Juli 2020 - 18:20 | 30.85k
Anggota Brigade Dalkarhut Kerud Hideung, Majalengka, Terbentuk. Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia
Anggota Brigade Dalkarhut Kerud Hideung, Majalengka, Terbentuk. Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Koperasi Wisata Agung Lestari turut berpartisipasi dalam pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dengan membentuk Brigade Dalkarhut (Pengendalian Kebakaran Hutan) yang diberi nama 'Kerud Hideung' di Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Tak hanya itu, barisan yang dibentuk koperasi pengelola jasa Wisata Alam Curug Cipeuteuy tersebut juga melakukan sosialisasi secara intens kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mencegah Karhutla di bawah kaki Gunung Ciremai pada musim kemarau tahun ini.

Ketua Koperasi Wisata Agung Lestari, Salikin menyatakan, bahwa pembentukan Brigade Dalkarhut, Kerud Hideung tersebut, merupakan kebijakan koperasi bersama masyarakat sekitar dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Brigade-Dalkarhut-Kerud-2.jpg

"Kami sangat berkomitmen, bahwa memasuki musim kemarau tahun ini, Karhutla harus kita cegah bersama-sama secara serius," Ungkap Salikin kepada TIMES Indonesia, Kamis (2/7/2020).

Dia juga mengaku, bahwa Brigade Dalkarhut, Kerud Hideung, yang berjumlah anggota sekitar 30 orang itu, saat ini pihaknya sudah mempersiapkan berbagai program kerja. Di antaranya mempersiapkan alat pemadam, membuat sekat bakar dan patroli dalam hutan.

"Oleh karena itu, kami berharap, semangat Brigade Dalkarhut, Kerud Hideung dalam menjaga dan melestarikan hutan Gunung Ciremai ini, bisa segera dikukuhkan oleh Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC)," Harapnya.

SementaraKetua Brigade Dalkarhut Kerud Hideung, Nana Supriatna menjelaskan, bahwa Karhutla yang sering terjadi di wilayahnya itu, setiap tahunnya terdapat empat titik yang sering terjadi langganan, di antaranya di wilayah hutan Bukit Batu Semar, Dodolog, Pangasinan dan Reumanini.

Oleh karena itu, kata dia, dengan terbentuknya Brigade Dalkarhut, Kerud Hideung ini, semoga upaya pencegahan Karhutla kedepan dapat berjalan secara efektif dan ia juga berharap Karhutla tidak terjadi lagi.

"Intinya, tujuan dibentuk Brigade Dalkarhut ini, kami siap membantu Pemerintah, TNI-Polri, khususnya BTNGC, sebagai pemangku wilayah, untuk menjaga bersama-sama agar jangan sampai terjadi Karhutla di area Gunung Ciremai (Kabupaten Majalengka) ini," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES