Pendidikan

Ahmad Romdhoni Ciptakan Aplikasi Permudah Pembayaran di Pesantren

Kamis, 02 Juli 2020 - 14:47 | 45.50k
Ahmad Romdhoni saat memperkenalkan dan memberikan pelatihan aplikasi di Unipdu Jombang. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)
Ahmad Romdhoni saat memperkenalkan dan memberikan pelatihan aplikasi di Unipdu Jombang. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Inovasi adalah harga mati yang harus dilakukan oleh pemuda untuk memberi kontribusi kepada kemajuan. Seperti yang dilakukan oleh Ahmad Ramdhoni yang menciptakan aplikasi pembayaran para santri di pondok pesantren.

Mahasiswa S1 Sistem Informasi Unipdu Jombang ini mengatakan, dalam mempermudah proses pembayaran, biasa wali santri di Jombang mentransfer ke putra-putrinya terlebih dahulu. Tetapi dengan aplikasi yang dibuatnya ini, wali santri bisa langsung bayar ke rekening asrama.

"Laporan keuangan menjadi lebih rapi. Ada fitur pengingat melalui email, dengan fitur ini wali santri dapat mengetahui tagihan pembayaran secara otomatis," katanya kepada TIMES Indonesia, Kamis (2/7/2020).

Aplikasi ini berbasis website. Cara aksesnya, pertama wali santri diharuskan login menggunakan username dan password. Setelah sudah login, pada halaman awal akan ditampilkan beberapa menu yaitu jenis tagihan, histori tagihan, jumlah transaksi yang dilakukan.

Ahmad mengatakan,  ia ingin  pondok di Jombang, ikut andil dalam praktek industri 4.0 yaitu finansial teknologi.

"Juga agar meminimalisir. Karena banyaknya kasus penyalahgunaan uang yang dilakukan santri, uang seharusnya diberikan ke staf keuangan asrama malah dipakai untuk keperluan pribadi," jelas Ahmad Ramdhoni mahasiswa Unipdu Jombang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jombang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES