Indonesia Positif

Posyandu Balita UPT Puskesmas Pakisaji Terapkan Protokol Kesehatan di Masa New Normal

Kamis, 02 Juli 2020 - 10:39 | 178.31k
Bidan Desa Sutojayan, Kusmiati, bersiap untuk melakukan imunisasi dengan menggunakan APD lengkap. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Bidan Desa Sutojayan, Kusmiati, bersiap untuk melakukan imunisasi dengan menggunakan APD lengkap. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pada masa new normal ini, beberapa kegiatan Puskesmas yang dilaksanakan di Desa mulai kembali dilaksanakan, salah satunya adalah kegiatan Posyandu Balita di wilayah kerja UPT Puskesmas Pakisaji, Kabupaten Malang.

Dalam pelaksanaannya, harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan sebelumnya, baik dari petugas maupun dari pengunjung Posyandu tersebut.

Beberapa poin yang ditetapkan diantaranya Posyandu wajib menyediakan tempat cuci tangan dan sabun serta handscrub, kemudian harus memperhatikan jaga jarak aman minimal satu meter. Sementara itu, kelengkapan APD dari petugas seperti penggunaan masker maupun face shield, pakaian dekontaminasi atau hazmat juga harus dipenuhi. Sedangkan pengunjung yang hadir ke Posyandu diwajibkan untuk memakai masker.

Hal tersebut seperti yang terlihat pada kegiatan Posyandu Balita di 2 Desa di wilayah kerja UPT Puskesmas Pakisaji, Rabu (1/7/2020), yakni Posyandu Balita Mawar 1 Desa Sutojayan serta Taman Posyandu Durian 2 Desa Karangduren.

imunisasi.jpg

Evi Maria mengatakan bahwa, pelaksanaan Posyandu dengan protokol kesehatan ini memang baru pertama kali dilakukan. Sehingga di Desa Karangduren H-1 sebelum pelaksanaan, dilakukan simulasi alur pelayanan Posyandu. Meskipun kader maupun pengunjung masih belum terbiasa dengan protokol yang ditetapkan, namun dengan kesadaran dari masyarakat, Posyandu diharapkan berjalan dengan baik.

“Diharapkan untuk pelaksanaan selanjutnya mereka sudah terbiasa dan untuk kegiatan hari ini, Alhamdulillah semua berjalan baik dan lancar dengan kedatangan peserta Posyandu yang menunjukkan partisipasi yang cukup baik,” kata Bidan Desa Karangduren tersebut saat ditemui disela-sela kegiatan Posyandu.

Masih ditempat yang sama, Ummu Mas’ullah selaku Ketua Kader BKB (Bina Keluarga Balita) mengatakan bahwa, pelaksanaan Posyandu dengan protokol kesehatan ini selain agar kegiatan rutin Posyandu tetap berjalan, juga sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona di desanya.

Ditemui di tempat terpisah, Bidan Desa Sutojayan, Kusmiati, menyampaikan bahwa meskipun masih di masa pandemi, masyarakat tetap antusias terhadap kegiatan Posyandu karena selama 2 bulan kemarin kegiatan Posyandu sempat ditunda. “Terlihat dari D/S pelaksanaan Posyandu hari ini mencapai 85%, itu merupakan bukti bahwa masyarakat antusias dan mendukung kegiatan UKBM di wilayah kerja Puskesmas Pakisaji,” terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES