Peristiwa Daerah

BMKG Karangaktes Pasang WRS New Generation di Kantor Bupati Malang

Kamis, 02 Juli 2020 - 14:20 | 44.28k
Kepala BMKG Karangkates H Musripan saat menunjukan WRS New Generation. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Kepala BMKG Karangkates H Musripan saat menunjukan WRS New Generation. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Alat peringatan dini gempa dan tsunami bernama Warning Receiver System atau WRS New Generation dipasang BMKG Karangkates di Kantor Bupati Malang, Kepanjen, Kamis (2/7/2020).

Kepala BMKG Karangkates H Musripan mengatakan, sebenarnya ada empat ala peringatan dini WRS New Generation dipasang di Kabupaten Malang.

"Dua dipasang di kantor kami, satu lagi dipasang di BPBD dan satu lagi di kantor Bupati Malang ini," ujar H Musripan kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, alat peringatan dini tsunami dipasang di tempat tersebut atas permintaan Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM.

"Karena letaknya memang strategis. Siapa saja bisa melihat maupun memantau peralatan ini," tuturnya.

Kemudian dia menyebutkan kelebihan alat tersebut. "Ini merupakan WRS New Generation. Karena sebelumnya ada WRS yang merupakan angkatan pertama," tuturnya.

Menurutnya, ada beberapa keuntungan mamasang alat ini. Yakni lebih mudah dilakukan pemantauan terjadinya bencana alam gempa bumi serta tsunami.

"Alat peringatan ini memiliki kecepatan sangat baik. Ketika terjadi gempa bumi dan tsunami, maka peringatan dini akan keluar dari alat ini lima menit setelah kejadian," bebernya gamblang.

Dia menyebutkan, WRS New Generation yang dipasang BMKG Karangkates di Kantor Bupati Malang ini bertujuan untuk memberikan peringatan dini adanya gempa disertai tsunami.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES