Peristiwa Daerah

Pramuka Peduli Kwarcab Kabupaten Karanganyar Gelar Workshop Kebencanaan

Rabu, 01 Juli 2020 - 16:56 | 52.07k
Peserta workshop menyimak materi yang disampaikan narasumber di Aula Kwarcab Karanganyar. (FOTO: Muhamad Shidiq/TIMES Indonesia)
Peserta workshop menyimak materi yang disampaikan narasumber di Aula Kwarcab Karanganyar. (FOTO: Muhamad Shidiq/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KARANGANAYAR – Sedikitnya 30 anggota Pramuka Peduli (Pramuli) Kwarcab Kabupaten Karanganyar mengikuti workshop kebencanaan di aula setempat. Sejumlah materi utama disampaikan. Seperti mitigasi bencana, lingkungan hidup serta orientasi teknis mengenai Pramuli.

Sekretaris Kwarcab Kabupaten Karanganyar, Sutarno menuturkan, program workshop bagi anggota Pramuli sudah lama direncanakan. Diakui, sempat tertunda lantaran pandemi covid-19. Bersyukur, agenda workshop bisa dilaksanakan.

"Peserta workshop berasal dari utusan kwartir ranting dan sejumlah pangkalan. Kita ingin anggota Pramuli lebih faham mengenai penanganan bencana serta orientasi teknis soal Pramuli sendiri," tutur Sutarno.

Peserta-workshop-menyimak-2.jpg

Adapun narasumber, imbuh Sutarno, dari BPBD Kabupaten Karanganyar, Pramuli Kwarda Jateng, serta Waka Abdimas Kwarcab Karanganyar. Diharapkan, melalui workshop tersebut para anggota baru Pramuli Kwarcab Karanganyar bisa menambah pengetahuan dan skill untuk diaplikasikan.

Usai workshop, sambung Sutarno, akan dikebut terbentuknya pengurus dan anggota Pramuli di kecamatan yang belum terbentuk. Sehingga, setiap wilayah di 17 kecamatan sudah siaga anggota Pramuli jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Di sisi lain, dalam upacara penutupan workshop kebencanaan Pramuka Peduli Kwarcab Kabupaten Karanganyar ini, juga dilakukan penyerahan tropi pemenang lomba video kreatif Pramuka bertema new normal. Yakni Juara I SMAN Jumapolo, Juara II DKR Jatipuro, Juara III SMAN Karangpandan dan SMAN 1 Karanganyar. Para juara menerima tropi, sertifikat serta uang pembinaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES