Peristiwa Daerah

Apel Pagi, Menu Wajib Satgas TMMD dan Masyarakat Sebelum Bekerja

Rabu, 01 Juli 2020 - 12:55 | 29.51k
Apel pagi, kultur budaya disiplin di TNI diperkenalkan Satgas TMMD kepada masyarakat. (FOTO: Pendim Purbalingga for TIMES Indonesia)
Apel pagi, kultur budaya disiplin di TNI diperkenalkan Satgas TMMD kepada masyarakat. (FOTO: Pendim Purbalingga for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Disiplin ala prajurit TNI, khususnya apel pagi sebelum mulai bekerja telah membudaya di tengah masyarakat maupun instansi kedinasan.

Saat ini, ajaran apel pagi merupakan hal yang wajib dilakukan prajurit TNI sebelum menjalankan tugas sehari-hari, yang tujuannya untuk mengecek kesiapan dan kondisi anggota, juga pembagian tugas dari pimpinan.

Seperti apel pagi yang dilakukan Satgas TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2020 Kodim 0702/Purbalingga yang dipimpin Komandan SST Kapten Arm Wahyudi Seno AMd, Rabu (1/7/2020).

TMMD-Sengkuyung-7.jpg

Kades Patemon yang hadir bersama warga dalam apel pagi tadi mengatakan, sejak hadirnya TNI melalui program TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0702/Purbalingga ini, pola pikir masyarakat mulai berubah, aktivitas masyarakat kini mulai produktif dan lebih bersemangat.

"Ajaran-ajaran disiplin yang diterapkan prajurit TNI seperti pelaksanaan apel pagi sebelum bekerja, merupakan suplemen baru bagi masyarakat, dimana terlihat masyarakat menjadi lebih antusias dalam bekerja, terutama para pemuda. Setidaknya menumbuhkan budaya malu bila tidak hadir,’’ ungkapnya.

Sementara, Komandan SST Kapten Arm Wahyudi Seno mengatakan, dalam lingkungan TNI, salah satu cara menerapkan ajaran disiplin adalah dengan melaksanakan apel pagi setiap hari. Itu dilakukan agar perintah pimpinan selalu dilaksanakan anggota dengan baik. Disiplin memang harus dipaksakan, namun seiring waktu nantinya akan menumbuhkan pembiasaan menjadi budaya.

"Apel pagi Satgas TMMD sangat berdampak positif bagi masyarakat, salah satu tugas TNI dalam program ini melaksanakan pembinaan kepada masyarakat," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES