Peristiwa Daerah

Begini Cara BPJS Kesehatan Cabang Gresik Tingkatkan Kesadaran Pentingnya JKN-KIS

Selasa, 30 Juni 2020 - 19:13 | 30.25k
Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Dany Setiawan saat memaparkan manfaat JKN-KIS (FOTO: BPJS Kesehatan Cabang Gresik).
Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Dany Setiawan saat memaparkan manfaat JKN-KIS (FOTO: BPJS Kesehatan Cabang Gresik).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia khususnya di wilayah Gresik dan Lamongan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Gresik melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pemahaman terkait pelayanan kesehatan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Dany Setiawan menyampaikan salah satu upayanya adalah menyelenggarakan kegiatan BPJS Goes To Customer (GTC).

“Kegiatan GTC ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi kami yang dilaksanakan secara langsung bertatap muka, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya JKN-KIS serta menambah pengetahuan masyarakat untuk selalu menerapkan perilaku hidup sehat dan bergotong-royong,” katanya, Selasa (30/6/2020).

Kegiatan GTC ini dilaksanakan dalam bentuk sambung rasa peserta pengguna layanan cuci darah dan temu peserta program JKN-KIS. Sasaran peserta dalam kegiatan GTC untuk sambung rasa yaitu komunitas pengguna layanan cuci darah dan temu peserta program JKN-KIS.

"Sasaran pesertanya yaitu peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN/APBD, Pekerja Penerima Upah (PPU) Penyelenggara Negara (PN), PPU Non PPN, dan Bukan Pekerja Pemerintah," terang Dany.

Dany menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan GTC ini tentunya seluruh peserta menerapkan prosedur protokol kesehatan.  Semua yang yang hadir wajib mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan, pengecekan suhu badan."Wajib menggunakan masker, dan selama kegiatan tetap memperhatikan physical distancing," ungkapnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Dany juga menjelaskan bahwa pihaknya juga menyediakan pelayanan Mobile Customer Service (MCS). "Dengan MCS ini peserta bisa langsung dibantu jika  ingin melakukan perubahan data atau cetak kartu," imbuh Dany. 

Kegiatan GTC sekaligus MCS ini disambut baik oleh Kepala Human Resources Development (HRD), PT Kemilau Budi Sentosa, Prima Lantika. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pekerja di perusahaan yang menaunginya tersebut.

Dengan kegiatan ini tambah Prima, ia sangat terbantu dalam mendapatkan penjelasa terkait program JKN-KIS, apa yang menjadi hak dan kewajiban kami. Tadi juga disampaikan beberapa kanal pelayanan BPJS Kesehatan yang bisa diakses tanpa harus ke kantor.

"Karena kondisinya sedang pandemi begini. Kami dipandu juga mengenai cara mengoperasikan aplikasi Mobile JKN, dan ada CHIKA, VIKA, dan media sosial lainnya. Begini kami jadi mengetahui lebih banyak dan dapat diskusi langsung jika ada kendala," terangnya menanggapi kegiatan yang digelar BPJS Kesehatan Cabang Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES