Peristiwa Daerah

Corona Tak Sirna, NU Situbondo Gagas Ketahanan Pangan

Rabu, 01 Juli 2020 - 01:51 | 21.67k
Ketua PCNU Situbondo, KH Zaini Shanhaji saat memberikan sambutan pada acara hala bi halal bersama GP Ansor, LPBHNU dan Isnu. (Foto: Uday/TIMES Indonesia)
Ketua PCNU Situbondo, KH Zaini Shanhaji saat memberikan sambutan pada acara hala bi halal bersama GP Ansor, LPBHNU dan Isnu. (Foto: Uday/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Para kiai dan pengurus NU Situbondo, Jawa Timur memikirkan jangka panjang tentang ketahanan pangan. Mengingat masa pandemi sudah terlalu lama dan sirnanya pun belum ada yang menjamin dalam waktu dekat ini.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama atau PCNU Situbondo, KH Zaini Shanhaji menjelaskan bahwa pihaknya akan melaksanakan terobosan dengan membuat gerakan ketahanan pangan di Situbondo.

"Kami sudah sepakat membuat gerakan untuk menciptakan ketahanan pangan di Situbondo," ungkapnya, Selasa (30/6/2020).

Cara yang digagas PCNU Situbondo ini adalah para petani tidak menjual hasil panennya keluar Situbondo sehingga kalau terjadi kelangkaan dalam masa pandemi yang terlalu lama ini bisa menjadi solusi untuk ketahanan pangan.

"Kami sudah berkordinasi dengan para Kades dari kader NU dan para pemilik selep agar membeli hasil panen dari petani agar para petani tidak menjual hasil panennya keluar Situbondo," tambahnya.

"Jika para kades dan penggilingan gabah tidak bisa membeli, kami sudah siapkan para juragan beras yang siap untuk membeli, " katanya.

Kiai dan juga pengasuh Pondok Pesantren Is'aful Mubtadi'in di Kecamatan Arjasa ini mulai mensosialisasikan gerakan ketahanan pangan di Situbondo yang sudah digagas malalui aplikasi Wathsapp dan pertemuan - pertemuan terbatas.

Sebab, kata Kiai Zaini, begitu sapaan populernya, mayoritas petani di Situbondo adalah Nahdhiyin. Begitu juga mayoritas kades, para pemilik selep hingga juragan padi banyak warga NU.

"Hal ini akan mungkin terjadi, dengan izin Allah SWT, Situbondo akan aman dari kelangkaan beras," tegasnya.

Ketahanan pangan di Situbondo ini merupakan hasil buah pemikiran dari para kiai dan pengurus NU Situbondo demi untuk menciptakan stabilitas ekonomi umat untuk menghadapi masa jajah virus corona yang belum lenyap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES