News Commerce

Tren Membuat Situs Company Profile sebagai Promosi di Era New Normal

Rabu, 01 Juli 2020 - 00:54 | 48.66k
Ilustrasi - Membangun web (FOTO: duniakaryawan)
Ilustrasi - Membangun web (FOTO: duniakaryawan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pandemi Corona memaksa berbagai lini bisnis untuk merubah strategi dagang. Jika biasanya hanya membuka gerai sudah cukup, saat ini membuat website adalah sebuah langkah yang harus dilakukan jika ingin bisnis diketahui oleh khalayak ramai.

Website ataupun situs web sendiri merupakan suatu halaman web yang saling berhubungan, yang pada umumnya berada sebuah sistem komputer yang terkoneksi jaringan internet dan berisikan kumpulan informasi yang disediakan oleh seseorang, kelompok atau pun lembaga dan organisasi.

Saat ini perkembangan website sendiri sangat pesat. Terutama pada website yang disediakan untuk jual beli online ataupun e-commerce.

Hal ini juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang ada di Indonesia. Karena semakin mudah seseorang mengakses internet, maka semakin mudah pula sesuatu bisa kita dapatkan dari internet tersebut.

Salah satunya kita bisa membeli suatu barang dari sebuah situs web di sebuah toko tanpa perlu mendatangi toko tersebut. Cara membuat website gratis pun semakin mudah diapatkan, sehingga perkembangan website dapat terus meningkat.

Namun sebuah website pun dapat berisi sebuah informasi yang bisa kita dapatkan dari suatu lembaga ataupun seseorang. Kalian juga bisa memberikan informasi melalui sebuah website, yang tentu saja harus dengan website kamu sendiri. Untuk kegiatan promosi bisa dengan berbagai cara. Dengan membagikan situs pada sosial media, atau juga melakukan optimasi search engine seperti melalui jasa backlink.

Saat ini juga sudah banyak tersedia mengenai website gratis yang bisa kamu gunakan. Banyak pula cara membuat website gratis yang mudah dipahami untuk pemula.

Sebelum kamu mengetahui cara membuat website gratis, kamu sebaiknya paham langkah-langkah dalam membuat website.

Berikut ini langkah-langkah cara membuat website gratis yang mudah dipahami untuk pemula, yang dirangkum dari Rajabacklink.com pada jumat (19/6/2020):

1. Pilih Platform Website

Sebelum kamu melanjutkan cara membuat website, sebaiknya kamu pilih dulu platform yang akan kamu gunakan.

Memilih sebuah platform sendiri bisa kamu pilih apakah ingin menggunakan aplikasi yang sudah ada atau membuatnya dari awal.

Namun cara membuat website gratis yang mudah yaitu dengan menggunakan platform yang telah tersedia.

Saat ini juga telah banyak platform gratis yang membantu kamu untuk membuat website gratis. Beberapa platform gratis yang bisa kamu pakai untuk membuat website gratis antara lain Wordpress, Drupal, Joomla!, wixsite dan lain sebagainya. Namun yang paling banyak digunakan ialah platform dari wordpress.

Wordpress dianggap sangat cocok digunakan bagi pemula yang ingin membuat sebuah website pribadi. Hal ini dikarenakan platform yang dibuat oleh wordpress ini benar-benar gratis, baik itu saat mengunduh, menginstall ataupun saat kamu akan memodifikasinya.

Selain itu, platform dari wordpress ini bisa kamu gunakan untuk membuat website kecil seperti blog atau untuk bisnis kecil ataupun website besar seperti yang dimiliki oleh perusahaan atau lembaga.

2. Buat alamat email melalui domain dan hosting

Langkah selanjutnya dalam cara membuat website gratis ialah memilih nama domain dan juga hosting yang sesuai dan mudah untuk diingat.

Nama domain sendiri ialah nama website yang akan kamu buat. Namun untuk membuat domain ini kamu akan dikenakan biaya.

Tapi tak perlu khawatir, karena biaya yang akan kamu keluarkan tidak perlu untuk merogoh kocek dalam-dalam. Biaya rata-rata untuk membuat domain ini hanya sekitar seratus ribu rupiah saja untuk satu tahun masa aktif.

Kamu bisa membeli domain di web-web yang telah disediakan. Ada juga beberpa tempat penjualan domain ini yang akan menggratiskan domain apabila kamu membeli hosting seperti .com, .org, serta .net.

Setelah mendapatkan domain, nantinya kamu akan mendapatkan email tersendiri. Email yang digunakan pun berbeda dengan email Google Mail.

Ada beberapa cara untuk kamu memberi nama domain untuk website. Jika kamu akan menggunakan website untuk kepentingan pribadi, kamu bisa menggunakan nama sendiri.

Dan jika ingin digunakan untuk perusahaan atau  iasa online yang kamu miliki, usahakan menggunakan nama  iasa tersebut sebagai nama domain. Hal ini akan memudahkan kamu ataupun pelanggan dalam pengecekan.

3. Instalasi dan modifikasi

Setelah kamu memilih platform dan juga nama domain dan hosting, langkah selanjutnya cara membuat website gratis dengan menginstall dan memodifikasi.

Untuk menginstall suatu aplikasi sangatlah mudah, karena saat ini banyak sekali hosting yang menggunakan one click installation untuk memudahkan pengguna baru.

Dengan demikian berpromosi melalui sebuah website sangat menguntungkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES