Peristiwa Daerah

IPNU Banyuwangi Gelar Upgrading Soal Aturan Organisasi

Selasa, 30 Juni 2020 - 23:18 | 87.37k
Para Pengurus PC IPNU Banyuwangi. (Foto: Rizki Alfian/ TIMES Indonesia)
Para Pengurus PC IPNU Banyuwangi. (Foto: Rizki Alfian/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Tata aturan dalam sebuah organisasi memiliki peranan penting demi keberlangsungan gerakan. Demikian pula aturan organisasi dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU). 

IPNU memiliki aturan-aturan yang sangat banyak, mulai dari peraturan dasar, peraturan rumah tangga, peraturan organisasi, peraturan administrasi. Ada pula peraturan pimpinan pusat, peraturan pimpinan wilayah sampai peraturan di tingkat ranting.

Menanggapi hal tersebut, Pimpinan Cabang (PC IPNU) Banyuwangi mengadakan kegiatan telaah tata aturan organisasi agar pengurus IPNU mampu memahami tata aturan dengan mudah. Hadir sebagai narasumber, Ibnu Tsani Rosyada.

“Sebagian pengurus IPNU selama ini, cenderung malas untuk membaca dan belajar tata aturan, apalagi dalam organisasi IPNU yang memiliki segudang tata aturan organisasi, mulai dari tingkat Pimpinan Pusat sampai Pimpinan Ranting. Tak jarang, ada pengurus IPNU yang acuh tak acuh terhadap tata aturan, sehingga ketika menjalankan roda organisasi mengalami kesulitan,” kata Ibnu Selasa (30/6/2020).

“Untuk itu, pada kesempatan ini, rumusan dan kata kunci tentang kasus yang biasa terjadi diberikan agar pengurus IPNU supaya tidak kesulitan memahami tata aturan organisasi. Sebagai contoh, ketika ada permasalahan organisasi, terlebih dahulu permasalahan tersebut diklasifikan dalam peraturan yang ada. Lalu, kata kunci dari permasalahan tersebut dicocokkan dengan peraturan yang ada, dengan begitu tata aturan akan lebih mudah dicari dan kasus tersebut dapat diuraikan,” tambahnya

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Organisasi PC IPNU Kabupaten Banyuwangi, Moh. Awang Nuryaddin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bekal penting bagi pengurus IPNU dan selanjutnya tentu akan ditularkan kepada pengurus IPNU periode berikutnya.

“Pengurus IPNU yang mengikuti kegiatan ini berkewajiban dalam menularkan pemahaman tata aturan organisasi kepada pengurus lainnya pada semua tingkat kepengurusan, lebih-lebih kepada pengurus IPNU periode selanjutnya,” ungkap Awang

"Juga untuk proses pembelajaran agar nantinya pengurus IPNU ketika melanjutkan jenjang organisasi ke GP Ansor, Nahdlatul Ulama mudah pula memahami tata aturan organisasinya," imbuhnya. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor PC NU Kabupaten Banyuwangi tersebut, diikuti oleh pengurus IPNU Banyuwangi dan akan dilaksanakan secara berkala agar esensi daripada tata aturan organisasi mampu diserap oleh pengurus IPNU. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES