Pemerintahan

Pemkab Probolinggo Raih Opini WTP Tujuh Kali Berturut-turut

Selasa, 30 Juni 2020 - 21:23 | 30.34k
Bupati Probolinggo, Tantriana Sari saat menerima LHP BPK RI di Sidoarjo, Jatim. (Foto: Kominfo)
Bupati Probolinggo, Tantriana Sari saat menerima LHP BPK RI di Sidoarjo, Jatim. (Foto: Kominfo)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOPemkab Probolinggo, Jatim, kembali menerima opini WTP (wajar tanpa pengecualian) dari BPK RI, Selasa (30/6/2020). Bagi pemkab, prestasi dalam pengelolaan keuangan daerah ini merupakan yang ketujuh secara beruntun sejak 2013.

Opini WTP didasarkan pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) oleh Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Jatim tahun anggaran 2019.

Hasil audit diserahkan Kepala BPK-RI Perwakilan Jatim, Joko Agus Setyono kepada Bupati Probolinggo, Tantriana Sari, dan Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Andi Suryanto Wibowo di auditorium Kantor BPK RI Perwakilan Jatim di Sidoarjo.

Turut serta dalam penerimaan opini WTP tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, H. Soeparwiyono; Inspektur, Sigit Sumarsono; Kepala Badan Keuangan Daerah, Dewi Korina; serta Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, Yulius Christian.

Selain Kabupaten Probolinggo, ada 17 daerah lain yang hari itu juga menerima LHP atas LKPD dan mendapatkan opini WTP.

Yakni, Kota Batu, Kabupaten Malang, Kabupaten Trenggalek, Lumajang, Kabupaten Madiun, Kabupaten Kediri, Kabupaten Gresik, Bondowoso, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Nganjuk, Kota Malang, Kota Kediri, Kabupaten Magetan, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Tulungagung dan Bojonegoro.

Bupati Probolinggo, Tantriana Sari berterima kasih dan dan mengucapkan selamat ke seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) bersama dengan seluruh stafnya, yang telah mempersiapkan proses interim ini dengan baik.

“Ini menjadi harapan saya agar bisa memotivasi bagi kita semua dalam proses bisnis Pemerintah Kabupaten Probolinggo utamanya dalam perencanaan, pengelolaan dan pelaporan keuangan daerah terus menerus kita pacu untuk lebih baik, lebih profesional dan lebih transparan untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Bupati Tantri juga berterima kasih ke Ketua dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Probolinggo yang telah memberikan support luar biasa kepada jajaran eksekutif, sehingga bersama-sama bisa berjalan beriringan dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan transparan.

“Terima kasih pula kepada masyarakat yang telah tanpa henti mendoakan kami semua para pelayan masyarakat sehingga harapannya kami mampu menjadi pelayan yang terus lebih baik dan lebih baik lagi,” katanya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Andi Suryanto Wibowo menyampaikan ucapan selamat untuk Kabupaten Probolinggo.

“Ini berkat sinergi bersama antara Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan legislatif dan seluruh OPD terkait serta elemen masyarakat," ujarnya.

Sedangkan Ketua BPK-RI Perwakilan Jatim, Joko Agus Setyono menyampaikan pemeriksaan atas LKPD bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan oleh pemerintah daerah.

Opini WTP yang diberikan BPK RI merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran penyajian laporan keuangan dan bukan merupakan jaminan bahwa laporan keuangan yang disajikan oleh pemerintah sudah terbebas dari adanya fraud atau tindakan kecurangan lainnya,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES