Peristiwa Nasional

Mau Olah Raga Aman dengan Mengenakan Masker? Ini Tipsnya

Selasa, 30 Juni 2020 - 19:07 | 34.33k
Olah raga dengan mengenakan masker (foto: beacukai.go.id)
Olah raga dengan mengenakan masker (foto: beacukai.go.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pandemi Covid-19 memaksa setiap orang mengenakan masker agar tidak tertular atau menularkan virus pada orang lain. Tapi bagaimana penggunaan masker pada saat sedang olah raga?

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, dr Anang Budi Yoelijanto mengatakan, tubuh memerlukan lebih banyak oksigen atau udara saat berolah raga ketimbang biasanya. Oksigen ini diperoleh tubuh melalui pernafasan.

"Kalau kita memakai masker, harus tertutup full sampai hidung. Hal ini pastinya akan mempengaruhi sirkulasi udara. Ini yang perlu dikondisikan dengan baik agar kita aman memakai masker pada saat berolah raga,” katanya.

Menurut pria yang juga Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo ini, sebaiknya masker jangan sampai menutupi lubang hidung selama olah raga.

"Masker diturunkan (tapi tetap menutupi mulut). Setelah olah raga, dikembalikan lagi (menutup hidung)," jelasnya kepada TIMES Indonesia, Selasa (30/6/2020).

Dengan demikian, tujuan olah raga tercapai karena sirkulasi udaranya masih terjaga meski memakai masker. "Tetapi pada situasi tertentu dia harus menjaga diri untuk tidak saling menularkan manakala kita sedang terjangkit penyakit," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES