Pemerintahan

Pemkab Malang Kembali Raih WTP Keenam Kali Berturut-Turut

Selasa, 30 Juni 2020 - 17:22 | 18.74k
Penyampaian WTP yang dilakukan secara virtual. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Penyampaian WTP yang dilakukan secara virtual. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP kembali diraih Pemkab Malang. Ini merupakan raihan ke enam kali berturut-turut yang diterima dari Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI).

Laporan hasil pertanggung jawaban tersebut diserahkan kepada Bupati Malang Drs H M Sanusi MM oleh Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK RI Jatim, Selasa, (30/6/2020).

Penyerahan itu dilakukan secara virtual bersamaan dengan Kabupaten Trenggalek dan Kota Batu. Inspektur Kabupaten Malang,

Tridiyah Maistuti menjelaskan terkait penghargaan WTP dari BPK RI tersebut  "Fokus pemeriksaan laporan keuangan ada pada manajemen pada aset maka kami terus berupaya untuk memperbaiki," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, konsistensi melakukan evaluasi akhirnya membuahkan hasil. "Sampai kemudian pada catatan tersebut dikeluarkan rekomendasi layak untuk meraih predikat WTP," ungkapnya.

Menurutnya, ada beberapa faktor dapat meraih WTP kembali. Pertama yakni terkait neraca LKPD (laporan keuangan pemerintah daerah) tahun 2019 telah dilakasanakan sesuai dengan standart akuntansi. 

“Kedua, juga karena adanya kecukupan bukti material dalam pengungkapan, pendapatan, aset maupun transaksi pebelanjaan pada neraca (LKPD),” terangnya.

Masih kata mantan Kepala BLH Kabupaten Malang ini, target tersebut bisa tercapai sebab pelaksanaan sistem pengendalian internal (SIP) sudah berjalan sesuai aturan.

"Tindaklanjut dari rekomendasi audit di tahun sebelumnya Kabupaten Malang cukup tinggi nilainya, capaiannya kurang lebih 97 persen. Tertinggi ketiga se-Jawa Timur," katanya.

Melalui penghargaan WTP keenam kali berturut-turut ini kata dia, semakin memicu Pemkab Malang agar bekerja semakin baik lagi dalam perihal keuangan daerah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES