Pemerintahan New Normal Life 2020

Bupati Sumenep: KBM Tingkat SMP dan SMA di Sumenep Segera Diaktifkan

Selasa, 30 Juni 2020 - 18:12 | 21.48k
Bupati Sumenep, A. Busyro Karim (FOTO: HUMAS PEMKAB/TIMES Indonesia)
Bupati Sumenep, A. Busyro Karim (FOTO: HUMAS PEMKAB/TIMES Indonesia)
FOKUS

New Normal Life 2020

TIMESINDONESIA, SUMENEPBupati Sumenep  A. Busyro Karim mengatakan, Pemkab Sumenep akan mengaktifkan kembali kegiatan belajar mengajar (KBM) untuk jenjang SMP dan SMA dalam waktu dekat.

Kebijakan tersebut sementara hanya berlaku di daerah kepulauan kecuali pulau Poteran, Kecamatan Talango karena masih zona merah. "Pulau Sapaken, Arjasa, Masalembu dan Giligenting bisa dimulai," katanya, Selasa (30/6/2020)

Keputusan itu diambil karena jumlah warga yang positif virus corona terus mengalami peningkatan. Sementara Kemendikbud mengintruksikan agar kegiatan KBM tetap berjalan meski berada di zona merah.

Menurutnya, ada empat syarat yang harus dipenuhi sebelum KBM berlangsung, pertama sekolah harus berada di zona hijau, kedua pelaksanaannya harus menyesuaikan dengan tatanan kebiasaan normal baru (new normal).

Syarat ketiga semua siswa harus dapat izin orang tua dan keempat mendapat izin dari Pemkab Sumenep. "Itu baru di tataran kebijakan. Saya ingin tahu dulu, kesiapan sekolah-sekolah sebelum KBM berlangsung kembali,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Sumenep Carto mengatakan, sebelum KBM dilaksanakan nantinya semua tenaga pendidik akan dilakukan rapid test. Itu sebagai langkah awal agar saat KBM berjalan tidak ada kendala. "Pelaksana tes kesehatan nanti dari Disdik sesuai jadwal nanti," katanya.

Sementara bagi siswa kata dia, pihak sekolah sebelum KBM berlangsung memastikan tidak ada siswa yang berasal dari zona merah.

Saat ini semua sekolah yang berada di daerah kepulauan telah disiapkan berbagai sarana yang mendukung sesuai anjuran pemerintah, seperti tempat cuci tangan, semprotan cairan disinfektan dan sarana lain dimasa pandemi covid 19.

"Juga sudah menyiapkan simulasi yang berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan," terang Carto.

Untuk mendukung pelaksanaan KBM secara maksimal ditingkat SMP dan SMA ini, Bupati Sumenep A. Busyro Karim perlu adanya dukungan dari berbagai elemen termasuk masyarakat sekitar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Madura

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES