Pendidikan

Dosen Unusa Ajak Nakes untuk Tingkatkan Keterampilan Klinik di Tengah Covid-19

Selasa, 30 Juni 2020 - 16:21 | 19.45k
Nur Masruroh, S.ST., M.Keb Dosen FKK Unusa (Foto : Humas Unusa For TIMES Indonesia)
Nur Masruroh, S.ST., M.Keb Dosen FKK Unusa (Foto : Humas Unusa For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Dosen Fakultas Kebidanan dan Keperawatan (FKK) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Nur Masruroh, S.ST., M.Keb menjelaskan pentingnya meningkatkan keterampilan klinik para tenaga kesehatan (nakes) di tengah Pandemi Covid-19.

Tenaga kesehatan adalah garda terdepan di tengah Covid-19. Sehingga tuntutan  untuk mahir dan terampil dalam perawatan pasien sangat dibutuhkan.

"Dengan semakin banyak meningkatkan keterampilan klinik ini membuat tenaga kesehatan akan semakin mahir untuk menangani pasien," terangnya, Selasa (30/6/2020).

Lanjutnya, adapun beberapa keterampilan klinik yang dapat dilakukan untuk tenaga kesehatan terutama mahasiswa prodi keperawatan Unusa yaitu seperti merawat pasien sebelum maupun setelah operasi, hingga dapat memberikan injeksi.

"Ini sebagai pengganti mahasiswa praktik di kampus, jadi dengan meningkatkan keterampilan ini maka mahasiswa akan semakin mahir dalam melakukan tugasnya," kata Masruroh.

Masruroh menyebutkan banyak isu yang berkembang di masyarakat seperti penolakan perawat maupun pekerja medis untuk pulang. Kondisi tersebut terjadi bukan hanya di Indonesia melainkan juga di negara lainnya seperti di Malaysia dan Taiwan.

"Tapi itu semua harusnya bisa teratasi dengan memberikan pemahaman yang kurang sehingga banyak masyarakat ketakutan namun banyak juga masyarakat yang tidak patuh dengan protokol kesehatan," terangnya.

Dalam hal ini, Masruroh mengatakan, dengan adanya Pandemi Covid-19 Malaysia saat ini menjadi negara yang kesulitan tenaga kesehatan karena penurunan minat untuk menjadi tenaga kesehatan.

"Kondisi seperti itu karena terlihat banyak nakes yang gugur akibat Covid-19. Jangan sampai hal tersebut terjadi di Indonesia. Maka bagi para nakes tetaplah meningkatkan keterampilan klinik," terang dosen Unusa ini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES