Peristiwa Daerah

Basarnas Pagaralam Siap Baju Hazmat

Selasa, 30 Juni 2020 - 14:54 | 34.18k
Personel Basarnas Pagaralam memakai baju hazmat ketika ikut dalam proses pencarian dan pertolongan beberapa waktu lalu. (Foto: Asnadi/ TIMES Indonesia)
Personel Basarnas Pagaralam memakai baju hazmat ketika ikut dalam proses pencarian dan pertolongan beberapa waktu lalu. (Foto: Asnadi/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Badan SAR Nasional (Basarnas) Pos Pagaralam, Sumatra Selatan menerapkan protokol Covid-19 yang ketat ketika menggelar operasi. Beberapa personel Basarnas bahkan diwajibkan mengenakan alat perlindungan diri (APD) berupa baju hazmat.

Koordinator Pos SAR Pagaralam, Lettu (SAR) Kemas Ismail ST mengatakan pihaknya menjalankan protokol Covid saat operasi di lapangan maupun di kantor. Tujuannya untuk mencegah penularan, sekaligus memutus mata rantai Covid-19. “Itu sesuai arahan pimpinan Kansar Palembang,” ujar Kemas, dihubungi, Selasa (30/6/2020)

Dikatakan Kemas, sesuai arahan pimpinan Kansar Palembang, penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan cara memakai APD seperti masker dan sarung tangan. Termasuk juga lanjut dia, menggunakan baju hazmat-semacam pakaian khusus. “Baju hazmat ini dikenakan oleh satu sampai dua orang personel saja,” ucap Kemas.

Itulah sebabnya, ketika menggelar operasi SAR di sungai di Lahat beberapa waktu lalu, personel Basarnas mengenakan APD lengkap. Personel yang memakai baju hazmat pun naik di atas perahu karet dan ikut menelusuri sungai.

Sementara protokol kesehatan di dalam kantor Basarnas hampir sama dengan lainnya. Yakni setiap personel maupun tamu diwajibkan mencuci tangan dan mengenakan masker. Juga menjaga jarak. Kemas berharap pandemi Covid-19 dapat segera berakhir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES