Wisata

5 Tempat Wisata Horor di Indonesia, Tertarik Mengunjunginya?

Selasa, 30 Juni 2020 - 13:38 | 86.78k
Lawang Sewu di Semarang. (foto: pinterest.com)
Lawang Sewu di Semarang. (foto: pinterest.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagai negara bekas jajahan, Indonesia punya banyak bangunan bersejarah yang masih kokoh berdiri bahkan terawat dengan baik. Bangunan bersejarah itu sebagian masih digunakan, dan sebagian lagi dijadikan tempat wisata horor

Mengapa demikian? Sebab bangunan lawas dianggap memiliki aura yang menyeramkan. 

Bangunan apa saja yang dijadikan lokasi wisata horor? 

1. Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah

1.jpg

Lawang Sewu atau seribu pintu ini terletak di Jl Pemuda, Semarang, Jawa Tengah. Bangunan tua dikerjakan mulai tahun 1904 hingga 1907. 

Meski namanya Lawang Sewu, namun pintu di bangunan itu tak sampai seribu. Dulu Lawang Sewu adalah kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS.

Setelah kemerdekaan bangunan beralih fungsi menjadi kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api Indonesia. 

Lawang Sewu juga pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah. 

Gedung ini punya kisah sejarah saat peristiwa Pertempuran lima hari di Semarang (14 Oktober - 19 Oktober 1945). Gedung tua ini menjadi lokasi pertempuran yang hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang. 

Para AMKA yang gugur dimakamkan di halaman Lawang Sewu. Hingga saat ini, masyarakat sekitar mengaku kerap melihat penampakan nonik Belanda dan tentara di sana.

2. Stasiun Purwakarta, Jawa Barat

2.jpg

Stasiun Purwakarta sebenarnya stasiun yang masih berfungsi. Yang menjadi lokasi wisata horor adalah kuburan kereta api. 

Kuburan kereta api adalah tempat gerbong kereta api yang tak lagi digunakan, baik gerbong yang telah usang maupun gerbong bekas kecelakaan. 

Kisah yang paling populer di kuburan kereta api di stasiun Purwakarta adanya penampakan hantu tanpa kepala. Konon, dulu pada tahun 1988 terjadi kecelakaan kereta api yang menabrak segerombolan pemuda yang tengah berpesta minuman keras. 

Meski katanya horor, namun lokasi ini banyak diburu pecinta fotografi. Banyak orang mendapatkan foto yang instagramable di kuburan kereta api.

3. Museum Pos Indonesia, Bandung, Jawa Barat

3.jpg

Bangunan ini ada sejak tahun 1931dengan nama Museum Pos Telepon Telegrap (PTT). Museum peninggalan Belanda ini ini didesain oleh duo arsitek bernama J. Berger dan Leutdsgebouwdienst. 

Beberapa pengunjung menyatakan pernah melihat penampakan sosok perempuan di dalam museum. Selain itu, di dekat pintu masuk biasanya ada sosok pria yang dilihat para pengunjung. 

Meski demikian museum yang terletak di Jalan Cilaki Nomor 73 Bandung ini menjadi lokasi apik untuk foto preweding. Banyak juga yang ke museum itu hanya untuk mendapatkan foto yang instagramable.

4. Museum Brawijaya, Malang, Jawa Timur

5.jpg

Museum yang dibangun sejak 1962 terletak di Jalan Ijen Nomor 25 A, Gading Kasri, Klojen, Malang. Tempat ini menyimpan benda-benda hasil perjuangan rakyat Indonesia melawan Belanda saat Agresi Militer Belanda I dan II di Malang, Surabaya, dan Bondowoso.

Yang membuat horor adalah salah satu koleksi yang terdapat di museum tersebut, yaitu gerbong maut. Konon sering ada penampakan hantu wanita dan suara aneh di gerbong maut. 

Gerbong maut adalah salah satu gerbong barang kereta api. Zaman penjajahan dulu, gerbong ini disalahgunakan menjadi pengangkut manusia yang kapasitasnya overload, sehingga menyebabkan kecelakaan selama di perjalanan.

5. Museum Fort Vredeburg, Yogyakarta

6.jpg

Benteng ini didirikan tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I mengikuti permintaan Gubernur Belanda dari Direktur Pantai Utara Jawa, Nicolaas Harting.

Belanda minta Sri Sultan membangun Benteng Rustenburg demi alasan keamanan kawasan Keraton Yogyakarta. Padahal, tujuan sesungguhya dari Belanda adalah untuk mengetahui setiap pergerakan yang terjadi di dalam keraton.

Benteng tersebut dikelilingi parit yang berfungsi untuk mengantisipasi serangan. Setiap empat sudut dari posisi benteng terdapat menara-menara pengawas yang dinamakan bastion (benteng pertahanan). 

Kabarnya di benteng ini sering terdengar tangisan dari dalam benteng. Beberapa warga setempat mengaku pernah melihat barisan pasukan tentara Belanda di area Benteng Vredeburg. Yang seram, seluruh tentara tersebut tidak berkepala yang berbaris rapi seperti sedang melakukan barisan. Hantu pasukan tersebut akan menghilang setelah beberapa saat.

Jadi, tempat wisata horor mana yang ingin Anda kunjungi?(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES