Peristiwa Nasional

Doni Monardo: 85 Persen Kematian Pasien Covid-19 karena ada Penyakit Bawaan 

Selasa, 30 Juni 2020 - 13:09 | 42.28k
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo. (foto: Humas BNPB)
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo. (foto: Humas BNPB)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan bahwa sebanyak 85 persen kematian pasien covid-19 karena pasien memiliki penyakit bawan atau komorbid.

Menurut Doni Monardo, selain akibat komorbid pasien covid-19 yang rentan terinfeksi adalah para lansia, anak balita dan ibu hamil.

"Hampir semua kasus yang menimbulkan kematian (akibat corona), 85 persen lebih mereka yang punya komorbid. (Seperti) hipertensi, diabetes, asma, TBC, kanker, dan penyakit lainnya," kata Doni dikutip dari Kumparan di Jakarta, Selasa (30/6/2020).

Doni mengimbau kepada pimpinan perusahaan atau pengelola pabrik lainya, agar betul-betul menetapkan protokol kesehatan saat kembali melakukan operasional perusahaan.

Dia juga mengingatkan, agar karyawan yang diketahui mengalami gejala covid-19 agar tidak dipaksakan bekerja di kantor.

"Demikian juga para pimpinan atau pejabat agar bisa mengetahui karyawannya, anak buahnya, yang punya potensi penyakit-penyakit tertentu untuk tidak diberikan kesempatan dulu ke kantor. Cukup berkerja dari rumah," ucapnya.

Doni mengaku yakin, jika pimpinan perusahaan atau pejabat mematuhi seluruh himbauan dan protokol Kesehatan dengan baik, maka angka kematian akibat covid-19 bisa ditekan.

"Apabila ini dilakukan, kita bisa mengurangi risiko masyarakat yang punya komorbid ini bisa selamat," kata Doni Monardo, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES