Indonesia Positif

Warga Jember Minta Program JKN-KIS Tetap Ada Sampai Kapan Pun

Selasa, 30 Juni 2020 - 12:49 | 33.48k
Jumain, peserta Program JKN-KIS segmen PBI APBD Jember. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Jumain, peserta Program JKN-KIS segmen PBI APBD Jember. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Jumain, pria 58 tahun berulangkali mengucapkan syukur karena telah diikutkan menjadi peserta Program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) yang dibantu anggaran dari pemerintah.

Pasalnya, dengan kepesertaannya itu Jumain merasa tidak lagi khawatir dengan ongkos pelayanan kesehatan yang masih relatif tinggi.

Khususnya bagi warga miskin seperti dirinya.

"Alhamdulillah, senang saya dapat kartu ini. Kalau sakit biaya gratis karena sudah ditanggung pemerintah," ujar pria yang bekerja serabutan tersebut pada Selasa (30/6/2020).

Dia mengatakan, saat ini dirinya sering mengalami pusing dan sakit pinggang.

Kondisi tersebut telah dia rasakan selama beberapa bulan terakhir ini.

Meski dikatakan tidak parah, namun dia berharap kartu JKN yang dia miliki dapat meringankan keluhan yang sering dialaminya itu.

"Memang ada rencana untuk periksa ke Puskesmas dengan bawa kartu dari BPJS Kesehatan ini. Tapi belum sempat. Mungkin karena kurang istirahat atau kecapekan saja jadi saya buat tidur saja," ujar Jumain dengan logat Madura.

Pria asli Jember tersebut menjelaskan bahwa saat ini seluruh anggota keluarganya telah terlindungi oleh Program JKN-KIS untuk segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD.

Dia berharap, program tersebut terus berlanjut untuk menjamin kesehatan dirinya dan anggota keluarga.

"Ya harapannya semoga JKN ini tetap jalan. Nggak berhenti. Nanti kalau ada apa-apa pada kesehatan, kami sekeluarga nggak bingung cari cara untuk membayarnya," tutur Jumain penuh harap.

Jumain juga menyampaikan apresiasi serta harapannya terhadap BPJS Kesehatan yang menurutnya telah membantu masyarakat khususnya bagi ia dan keluarganya.

"Program JKN-KIS semoga tetap ada sampai kapan pun, karena saya sendiri dan keluarga telah terbantu, telah merasakan manfaatnya. Terima kasih pemerintah dan BPJS Kesehatan yang telah berjuang untuk pemerataan kesehatan bagi seluruh masyarakat," tambahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES