Peristiwa Nasional

Arahan Presiden Jokowi ke Kepala Daerah: Covid-19 kembali Melonjak, Tutup Lagi

Selasa, 30 Juni 2020 - 12:24 | 17.60k
Presiden RI Joko Widodo (Foto : Biro Humas Presiden)
Presiden RI Joko Widodo (Foto : Biro Humas Presiden)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi memerintahkan para kepala daerah untuk tidak ragu menutup kembali daerahnya dari aktivitas new normal apabila angka virus Corona (Covid-19) melonjak. 

Kebijakan menerapkan dan membuka pembatasan sosial harus berdasarkan data ilmiah. Kata Jokowi, pembukaan pembatasan aktivitas ekonomi hingga pariwisata harus didasarkan pada data dan skala prioritas.

Kepala Negara mengatakan itu saat menyampaikan pengarahan terkait penanganan Covid-19 di Semarang, Jawa Tengah yang disiarkan langsung Channel YouTibe Sekretariat Presiden, Selasa (30/6/2020). 

"Kalau prioritas sudah ditentukan, kita jangan lupa untuk setiap hari, setiap minggu, setiap dua minggu, terus dievaluasi. Dimonitor dan dievaluasi," ujar Presiden Jokowi.

Indikator yang disebut Jokowi adalah R0 (angka reproduksi dasar) dan Rt (angka reproduksi efektif) dari penyebaran Covid-19. Apabila angka R0 dan Rt sudah turun, maka aktivitas bisa dibuka kembali. 

Tapi apabila angka Corona naik lagi, maka aktivitas harus kembali ditutup. "Kalau memang keadaannya naik, ya tutup lagi, harus berani seperti itu, harus berani memutuskan seperti itu," jelas Jokowi.

Pengarahan ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, beserta para bupati dan wali kota di Jawa Tengah. Para kepala daerah ini diperintahkan Jokowi untuk selalu menjadikan data ilmiah sebagai pegangan dalam mengambil kebijakan.

"Tidak bisa lagi kita, sekali lagi, memutuskan sebuah kebijakan tanpa dilihat yang namanya data sains dan masukan dari para pakar," kata Presiden RI Jokowi, minta kepala daerah untuk tidak ragu menutup kembali daerahnya dari aktivitas new normal apabila angka Covid-19 melonjak.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES