Olahraga

Menpora RI Bahas Status Kesiapan 6 Stadion untuk Piala Dunia U-20 

Selasa, 30 Juni 2020 - 11:38 | 17.64k
Menpora RI, Zainudin Amali. (foto: Humas Kemenpora RI)
Menpora RI, Zainudin Amali. (foto: Humas Kemenpora RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenpora RI Zainudin Amali menjelaskan tentang persiapan Piala Dunia U-20 tahun 2021.  Menurutnya, PSSI sekarang ini sedang mempersiapkan Tim Nasional, sedangkan untuk penyelenggaraannya sedang dirancang Kepresnya oleh pemerintah. 

"Kita tentu sebagai tuan rumah piala Dunia U 20 ingin sukses dua hal yaitu sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi, buat Kemenpora tambah satu sukses lagi yakni sukses administrasi," ujar Menpora dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia di Jakarta, Selasa (30/6/2020). Ini disampaikan Menpora pada acara Webinar Kemenpora yang bertajuk Protokol Olahraga Di Era New Normal Menuju Kebangkitan Olahraga Nasional Pasca Pandemi Covid-19 bersama moderator wartawan senior Suryopratomo di Situation Room Kemenpora.

Terkait posisi 6 stadion yang akan digunakan, Menpora akan menunggu kepastian dari FIFA. 

"Kita masih menunggu kepastian dari FIFA mana 6 stadion yang akan digunakan. Sebelum pandemi kita sudah tersebar  kabar ada Stadion Gelora Utama Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Solo), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali). Kemudian ada usulan lagi dari PSSI untuk menambahkan 2 stadion lagi yaitu, Stadion Si Jalak Harupat dan dan Stadion Jakabaring (Palembang)," ucap Menpora. 

"Sampai hari ini kita memang belum mendapatkan kepastian dari FIFA. Dan memang FIFA yang punya kewenangan menentukan. Sehingga pemerintah sangat hati-hati betul, pemerintah tidak mau masuk terlalu dalam, karena nanti kita masuk katagori intervensi. Tetapi kita tetap harus pantau dan melaksanakan dengan sebaik-baiknya," tambahnya. 

Menpora juga menjelaskan bagaimana pelaksanaan Protokol Keolahragaan yang akan dilakukan oleh cabang-cabang olahraga dan masyarakat olahraga di Indonesia. Untuk saat ini ada tiga cabang olahraga yang sudah melakukan pertemuan dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 bersama Kemenpora untuk mendapatkan izin menggelar latihan, turnamen atau kompetisi. ketiga cabor tersebut yakni, Bulutangkis, Menembak dan Basket.       

"Keputusan untuk menggelar kompetisi, turnamen atau latihan tetap akan kita komunikasikan kepada Gugus Tugas Covid-19, kita hanya mengeluarkan protokol keolahragaan secara umum. Yang terpenting, saya harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan atlet. Kita tidak akan mungkin bisa menuai prestasi jika atletnya sakit atau terkena covid-19," tegas Menpora RI.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES