Kuliner

Sawut Makanan Khas Yogyakarta yang Cocok jadi Menu Sarapan

Selasa, 30 Juni 2020 - 11:44 | 178.10k
sawut makanan khas Yogyakarta yang bikin kenyang (FOTO: tandaseru)
sawut makanan khas Yogyakarta yang bikin kenyang (FOTO: tandaseru)

TIMESINDONESIA, JAKARTASawut makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari singkong. Dinamakan sawut karena penampilan makanan ini semrawut atau mawut dalam bahasa Jawa, yang artinya berantakan.

Makanan ini punya rasa legit manis sekaligus gurih. Itu karena sawut dimasak bersama gula merah dan diberi parutan kelapa muda sebagai topingnya.

Cara membuat sawut juga sangat mudah. Singkong diparut menggunakan  parutan kasar (hasil memajang mirip korek api). Bubuhkan bumbu dasar garam, vanili dan gula merah. Kukus selama kurang lebih 30 menit. Agar wangi, dapat ditambahkan daun pandan saat mengukus. 

Sembari menunggu sawut matang, siapkan parutan kelapa muda. Kelapa muda yang telah diparut dapat diberi sedikit garaaram agar lebih gurih. 

Setelah sawut matang dapat langsung disajikan. Jangan lupa topping parutan kelapanya ya, agar makanan khas Yogyakarta ini makin mantap.

Karena terbuat dari bahan singkong, sawut makanan khas Yogyakarta sangat mengenyangkan. Tak heran jika banyak orang menjadikan sawut sebagai menu sarapan sehari-hari. Bahkan zaman dulu, orang membawa sawut sebagai bekal ke ladang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES