Indonesia Positif

Berkat Program JKN-KIS, Kehidupan Keluarga Sati Semakin Baik

Senin, 29 Juni 2020 - 18:55 | 31.01k
Peserta Program JKN-KIS segmen PBI APBD Jember, Sati saat ditemui di rumahnya. (FOTO: Anggun LS/AJP TIMES Indonesia)
Peserta Program JKN-KIS segmen PBI APBD Jember, Sati saat ditemui di rumahnya. (FOTO: Anggun LS/AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Kesehatan merupakan harta yang paling berharga bagi Sati dan keluarganya. Karena itu, dia merasa beruntung saat diikutkan dalam kepesertaan Program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) bantuan dari pemerintah atau Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Perempuan bersuku Jawa-Madura itu mengatakan bahwa dengan adanya program kesehatan yang dijalankan BPJS Kesehatan tersebut, kehidupan keluarganya terasa semakin baik.

Pasalnya, salah satu kebutuhan paling penting, yakni kesehatan keluarga, telah dijamin oleh pemerintah.

"Alhamdulillah sudah ada yang menanggung pengobatannya kalau di sini ada yang sakit," kata Sati saat ditemui di rumahnya di Jalan Imam Bonjol, Kaliwates, Jember, Senin (29/6/2020).

Meski tidak pernah mengharapkan mengalami sakit, perempuan paruh baya yang terdaftar di Puskesmas Kaliwates tersebut tetap menganggap program JKN-KIS penting bagi masyarakat.

Terkhusus lagi bagi masyarakat berpenghasilan pas-pasan seperti keluarganya.

"Kalau nggak ada program ini nggak tahu gimana kalau sakit. Ya paling banter dirawat saja di rumah," tutur Sati yang mengaku sampai saat ini belum pernah mendatangi klinik atau rumah sakit lantaran tidak memiliki keluhan kesehatan yang serius.

Lebih lanjut, dia berharap dengan adanya Program JKN-KIS ini tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan mengakses pelayanan kesehatan lantaran kesulitan biaya.

"Semoga semua masyarakat miskin khususnya yang ada di Jember ini terdata masuk ke dalam Program JKN-KIS BPJS Kesehatan. Karena kayaknya di daerah sini banyak yang belum dapat kartunya," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES