Glutera News

Waspadai 15 Penyakit Berat Akibat Gangguan Sistem Peredaran Darah

Selasa, 30 Juni 2020 - 10:50 | 11.19k
Waspadai 15 Penyakit Berat Akibat Gangguan Sistem Peredaran Darah
Glutera News.
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sistem peredaran darah berperan dalam mengirim darah, oksigen, dan nutrisi ke seluruh tubuh. Bila aliran darah ke bagian tubuh tertentu berkurang karena suatu kondisi, hal ini dapat menimbulkan berbagai gejala akibat gangguan pada sistem peredaran darah.

Sistem peredaran darah terdiri dari jantung dan pembuluh darah, yang meliputi pembuluh darah arteri, vena, dan kapiler. Jantung merupakan organ utama sistem peredaran darah yang memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

glutera-c.jpg

Arteri dan vena memiliki fungsi yang berbeda. Arteri akan membawa darah keluar dari jantung ke seluruh tubuh, lalu vena membawa darah kembali ke jantung. Jaringan kapiler menghubungkan arteri dan vena, mengirim nutrisi dan oksigen ke sel tubuh, serta mengeluarkan zat sisa metabolisme, seperti karbon dioksida.

Penyakit Berat Pada Sistem Peredaran Darah

glutera-d.jpg

Sebagai referensi untuk Anda, berikut ini adalah daftar gangguan sistem peredaran darah yang penting untuk diperhatikan. 

1. Angina

Penyakit pada peredaran darah yang pertama adalah angina yang ditandai dengan berat dan berulang ketidaknyamanan dada dan nyeri, disebabkan karena kurangnya pasokan darah atau suplai oksigen pada otot jantung. Pada dasarnya, itu diwujudkan sebagai komplikasi yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah. Angina sering dianggap sebagai tanda peringatan serangan jantung yang akan datang. Jadi, sesegera mungkin menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Aritmia

Penyakit sistem peredaran darah juga munculnya gejala aritmia. Gejala utama aritmia jantung adalah irama jantung yang tidak teratur, di mana jantung berdetak tidak normal, baik pada tingkat lebih lambat atau lebih cepat.

Dalam kebanyakan kasus, ditemukan menjadi masalah bawaan dan hasil dari cacat jantung. Berdasarkan tingkat keparahan aritmia, mengonsumsi obat, menjalani prosedur bedah, dan menanamkan alat pacu jantung yang diadopsi dalam rangka untuk mengatur irama jantung.

3. Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah penyakit sistem peredaran darah, akibat akumulasi deposit lemak dalam dinding pembuluh darah, terutama arteri. Dengan kata lain, arteri terutama dipengaruhi oleh aterosklerosis. Selama periode waktu, arteri mengeras dan dinding kehilangan elastisitasnya. Komplikasi aterosklerosis termasuk penyakit jantung dan serangan jantung.

4. Kardiomiopati

Penyakit dan gangguan sistem peredaran darah termasuk kardiomiopati, yang disebabkan karena melemahnya otot jantung atau miokardium. Pada tahap awal, otot-otot ventrikel atau otot ruang jantung yang lebih rendah terpengaruh. Jika tidak diobati, menyebar ke otot-otot jantung atas. Dalam kasus yang parah, kardiomiopati dapat menyebabkan gagal jantung kongestif dan bahkan menyebabkan kematian.

5. Cacat jantung bawaan

Cacat jantung bawaan muncul pada saat lahir dan bisa ringan atau berat. Janin mungkin menunjukkan perkembangan yang tidak lengkap atau organ jantung tidak normal (abnormal), menyebabkan gejala seperti murmur jantung pada bayi. Penyebab pasti penyakit jantung bawaan tidak diketahui. Dalam beberapa kasus, masalah genetik menyebabkan cacat ini, sementara yang lain berkembang tanpa alasan apapun.

6. Penyakit arteri koroner

Salah satu penyakit yang menyerang peredaran darah menyebakan penyakit arteri koroner, juga dikenal sebagai penyakit jantung koroner. Sejauh ini merupakan penyakit yang paling umum dari sistem peredaran darah didiagnosis pada orang dewasa. Hal ini disebabkan karena aterosklerosis, yaitu akumulasi plak di dinding arteri koroner, yang secara tidak langsung merusak suplai darah ke jantung. Penyakit arteri koroner adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia.

7. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah gangguan lain yang sering didiagnosis dari penyakit sistem peredaran darah, di sini, tekanan darah (sistolik dan diastolik) membaca tetap konsisten lebih tinggi dari tingkat yang direkomendasikan normal. Jika tidak ditangani tepat waktu, hipertensi menyebabkan kerusakan pada jantung dan pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung dan penyakit jantung lainnya.

8. Kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia ditandai dengan meningkatnya kolesterol. Ada dua jenis utama dari kolesterol, yaitu low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

9. Penyakit vascular peripheral

Penyakit peredaran darah perifer memengaruhi sirkulasi darah ke bagian tubuh yang ekstrem, termasuk lengan dan kaki. Penyakit arteri perifer adalah jenis yang paling umum dari penyakit pembuluh darah perifer, yang merupakan pengendapan asam lemak di dinding arteri. Gejala penyakit pada sistem peredaran darah perifer adalah kesemutan, mati rasa, dan komplikasi lain.

10. Penyakit jantung rematik

Penyakit jantung rematik adalah komplikasi yang jarang diperhatikan pada anak-anak yang mengalami demam rematik yang diobati, apa yang terjadi adalah antibodi yang diproduksi oleh tubuh sebagai respons terhadap infeksi bakteri (streptococcus) palsu menyerang bagian tubuh, termasuk katup jantung dan otot. Gejala-gejala penyakit ini tidak berbeda dari gagal jantung kongestif, sehingga pengobatan untuk keduanya diatasi dengan cara yang sama.

Peningkatan statistik penyakit sistem peredaran darah terutama disebabkan oleh gaya hidup, kurang aktivitas fisik, dan kebiasaan makan yang tidak sehat. Akibatnya, obesitas, stres, merokok, dan kebiasaan tidak sehat lainnya merupakan faktor risiko utama penyakit peredaran darah. 

Diagnosis dini, terapi yang benar, dan mengikuti gaya hidup sehat sangat penting untuk memerangi penyakit dan gangguan yang berhubungan dengan gangguan sistem peredaran darah.

11.  Serangan jantung

Myocardial infarction (MI) adalah istilah teknis untuk serangan jantung. Serangan jantung sering menyerang banyak orang, dan ini adalah salah satu contoh penyakit yang mengganggu peredaran darah.

Serangan jantung dapat terjadi ketika suplai darah terhenti atau terputus dari jantung, biasanya disebabkan oleh gumpalan darah. Beberapa serangan jantung kecil, tetapi yang lain bisa mengancam jiwa.

12.  Iskemia jantung

Iskemia jantung bisa menyebabkan rasa sakit yang mirip dengan serangan jantung. Iskemia jantung berarti otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen untuk berfungsi dengan baik. Seseorang dengan iskemia jantung biasanya akan mengalami sakit seperti angina dan mungkin merasa seolah-olah mengalami serangan jantung.

13. Stroke

Penyakit pada peredaran darah yang juga sering menyerang adalah stroke. Penyakit ini dapat terjadi ketika salah satu pembuluh yang mengarah ke otak tersumbat oleh gumpalan darah atau pecah. Ini menghentikan aliran darah dan mencegah oksigen masuk ke otak.

14.  Tromboemboli vena (VTE)

Tromboemboli vena (VTE) adalah gumpalan darah yang tersangkut di pembuluh darah, yang menghalangi aliran darah. Ini adalah kondisi serius yang memerlukan perhatian medis darurat.

15.  Aneurisma aorta

Penyakit yang menyerang peredaran darah adalah aneurisma aorta, yang memengaruhi arteri utama dalam tubuh. Ini berarti dinding arteri telah melemah, memungkinkan untuk melebar. Arteri yang membesar bisa pecah dan menjadi kondisi darurat medis. Segera mungkin hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan.

Itulah deretan penyakit sistem peredaran darah yang patut Anda waspadai. Jika tidak ingin mengalami penyakit yang telah disebutkan di atas, jaga selalu sistem peredaran darah tetap lancar. (*)



Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
KOMENTAR

EKORAN

TERBARU

  • Pramuka Kwarcab Sleman Ikuti Pelatihan Tenaga Spraying, Ini yang Diharapkan
    Pramuka Kwarcab Sleman Ikuti Pelatihan Tenaga Spraying, Ini yang Diharapkan
    12/07/2020 - 23:34
  • Partai Golkar Resmi Usung Mahyunadi-Kinsu untuk Pilkada Kutai Timur
    Partai Golkar Resmi Usung Mahyunadi-Kinsu untuk Pilkada Kutai Timur
    12/07/2020 - 23:14
  • Polres Cimahi Ungkap Ladang Ganja Satu Hektar
    Polres Cimahi Ungkap Ladang Ganja Satu Hektar
    12/07/2020 - 22:35
  • Terpilih Dampingi Teh Nia di Pilkada Bandung, Usman Sayogi Siap Mundur dari ASN
    Terpilih Dampingi Teh Nia di Pilkada Bandung, Usman Sayogi Siap Mundur dari ASN
    12/07/2020 - 22:00
  • Partai Golkar Resmi Usung Aliong Mus-Ramli di Pilkada Taliabu 2020
    Partai Golkar Resmi Usung Aliong Mus-Ramli di Pilkada Taliabu 2020
    12/07/2020 - 21:13
  • Santy Sastra Bagi Tips Manfaatkan Alam Bawah Sadar dalam Mendidik Anak
    Santy Sastra Bagi Tips Manfaatkan Alam Bawah Sadar dalam Mendidik Anak
    12/07/2020 - 21:06
  • Supervisi GP Ansor Ngawi Tingkatkan Kinerja Organisasi
    Supervisi GP Ansor Ngawi Tingkatkan Kinerja Organisasi
    12/07/2020 - 21:00
  • Dinas PPPA Malut Penuhi Kebutuhan Spesifik Perempuan dan Anak Terdampak Covid-19
    Dinas PPPA Malut Penuhi Kebutuhan Spesifik Perempuan dan Anak Terdampak Covid-19
    12/07/2020 - 20:52
  • Terduga Teroris Ihsan Abdullah Meninggal, Keluarga Tuntut Penjelasan Polisi
    Terduga Teroris Ihsan Abdullah Meninggal, Keluarga Tuntut Penjelasan Polisi
    12/07/2020 - 20:44
  • Bisnis Pengrajin Batik Jember Masih Lesu
    Bisnis Pengrajin Batik Jember Masih Lesu
    12/07/2020 - 20:38

TIMES TV

Implementasi Pancasila dalam Dunia Pendidikan

Implementasi Pancasila dalam Dunia Pendidikan

30/06/2020 - 20:22

Pilkada Serentak 2020 di Papua. Sudah Tepatkah Waktunya?

Pilkada Serentak 2020 di Papua. Sudah Tepatkah Waktunya?
Ngevlog Bareng Owner Bubur Ayam Abah Odil

Ngevlog Bareng Owner Bubur Ayam Abah Odil
Peduli Kampung Tangguh, Ibu Panglima TNI Bantu Masker Batik untuk Warga di Malang

Peduli Kampung Tangguh, Ibu Panglima TNI Bantu Masker Batik untuk Warga di Malang
Menebalkan Alis dengan Tepat, Mata Terlihat Lebih Indah

Menebalkan Alis dengan Tepat, Mata Terlihat Lebih Indah

iGuides

  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20
  • Cari Hotel di Kota Pendidikan? iGuides: Hotel Savana Malang Recommended Lima Star
    Cari Hotel di Kota Pendidikan? iGuides: Hotel Savana Malang Recommended Lima Star
    23/05/2019 - 15:05

KOPI TIMES

  • Pilkada Kaur 2020, Antara Penantang vs Petahana
    Pilkada Kaur 2020, Antara Penantang vs Petahana
    12/07/2020 - 12:24
  • Bangkitnya Generasi Pasca Pandemi
    Bangkitnya Generasi Pasca Pandemi
    12/07/2020 - 10:12
  • Hak Politik Buruh Migran dalam Pilkada Serentak 2020
    Hak Politik Buruh Migran dalam Pilkada Serentak 2020
    12/07/2020 - 08:35
  • RUU HIP Asas Kepentingan?
    RUU HIP Asas Kepentingan?
    11/07/2020 - 16:33
  • Tren Hijrah: Konstruksi Baru Identitas Muslim Milenial Urban Indonesia
    Tren Hijrah: Konstruksi Baru Identitas Muslim Milenial Urban Indonesia
    11/07/2020 - 15:37
  • Alat Penghancur Virus Corona di Air, Udara, dan Lingkungan
    Alat Penghancur Virus Corona di Air, Udara, dan Lingkungan
    11/07/2020 - 14:22
  • Dilema Jabatan Wakil Kepala Daerah
    Dilema Jabatan Wakil Kepala Daerah
    11/07/2020 - 13:34
  • Dangdut Koplo dan Dominasi Penguasa Industri Musik
    Dangdut Koplo dan Dominasi Penguasa Industri Musik
    11/07/2020 - 12:25
  • Resmi Meluncur, Yamaha XSR 155 Bakal Obrak-abrik Pasar Filipina
    Resmi Meluncur, Yamaha XSR 155 Bakal Obrak-abrik Pasar Filipina
    12/07/2020 - 23:15
  • Ngeri Kecelakaan Mobil Mewah di Jogja, Untung Tak Ada Korban
    Ngeri Kecelakaan Mobil Mewah di Jogja, Untung Tak Ada Korban
    12/07/2020 - 23:11
  • Diwarnai Tabrakan Duo Ferrari, Lewis Hamilton Juara GP Styria
    Diwarnai Tabrakan Duo Ferrari, Lewis Hamilton Juara GP Styria
    12/07/2020 - 23:00
  • Suasana Rumah Duka Ayah Ivan Gunawan
    Suasana Rumah Duka Ayah Ivan Gunawan
    12/07/2020 - 22:47
  • Kasus Covid-19 di Jawa Timur Tinggi, Menkes Terawan Berkantor di Surabaya
    Kasus Covid-19 di Jawa Timur Tinggi, Menkes Terawan Berkantor di Surabaya
    12/07/2020 - 22:46
  • Pemilik Warung Dekat Penemuan Mayat Editor Metro TV: Pisau Saya Begini
    Pemilik Warung Dekat Penemuan Mayat Editor Metro TV: Pisau Saya Begini
    12/07/2020 - 18:18
  • Geger, Kapal Perang Rusia yang Membuat Amerika Ciut Muncul di Barents
    Geger, Kapal Perang Rusia yang Membuat Amerika Ciut Muncul di Barents
    12/07/2020 - 06:44
  • Bongkar Kasus Pembunuhan Editor Metro TV, Tim Gabungan Dibentuk
    Bongkar Kasus Pembunuhan Editor Metro TV, Tim Gabungan Dibentuk
    12/07/2020 - 12:24
  • Jet Tempur Rusia Hadang Pesawat Militer AS di atas Laut Jepang
    Jet Tempur Rusia Hadang Pesawat Militer AS di atas Laut Jepang
    12/07/2020 - 11:20
  • Dicemarkan, Sultan Pontianak Resmi Laporkan Abu Janda ke Polisi
    Dicemarkan, Sultan Pontianak Resmi Laporkan Abu Janda ke Polisi
    12/07/2020 - 01:22