Peristiwa Daerah

Sembilan Paguron Silat Tampil di Festival Pencak Silat Kodim 0615 Kuningan

Senin, 29 Juni 2020 - 22:42 | 47.05k
Para Atlet Silat Saat Berada di Aula Makodim 0615 Kuningan. (FOTO: Humas Kodim 0615 Kuningan For TIMES Indonesia)
Para Atlet Silat Saat Berada di Aula Makodim 0615 Kuningan. (FOTO: Humas Kodim 0615 Kuningan For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KUNINGANKodim 0615 Kuningan menggelar Festival Pencak Silat tahun 2020. Sembilan Paguron pun ikut tampil dalam mempertunjukkan teknik-teknik pesilat yang bertempat di Aula Makodim 0615 Kuningan.

"Kegiatan ini dalam rangka Komsos Kreatif 2020 di Kodim 0615/Kuningan. Tema yang diambil adalah Membentuk Sumber Daya Manusia yang Kreatif, Adaptif dan Inovatif," kata Dandim 0615 Kuningan, Letkol czi Karter Joyi Lumi, Senin (29/6/2020).

Diterangkan Karter, selain agenda yang telah direncanakan, Festival Pencak Silat ini juga merupakan bagian dari komitmen Kodim 0615/Kuningan dalam pembinaan aset budaya bangsa.

Para-Atlet-Silat-2.jpg

"Apalagi Pencak Silat kan sudah diakui oleh Unesco sebagai warisan budaya dunia tak benda dalam Sidang Komite PBB di Bogota pada tahun 2019 lalu," terangnya.

Dia mengatakan,  sebagai warisan budaya bangsa yang diakui dunia, maka bangsa Indonesia wajib memelihara dan melestarikan Pencak Silat.

"Kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ketua IPSI Kabupaten Kuningan yang sudah menaungi perguruan-perguruan menjadi satu wadah yaitu IPSI. Begitu juga kepada para pendekar di perguruan yang sudah membina para siswa untuk menjaga dan melestarikan budaya bangsa Indonesia sehingga warisan nenek moyang bangsa Indonesia tetap berkembang dan maju hingga berprestasi di kancah dunia," katanya.

Ia berharap dengan animo masyarakat terhadap pencak silat cukup besar dan banyaknya perguruan perguruan pencak silat yang ada di kabupaten Kuningan ke depan Kodim 0615 /Kuningan bisa melaksanakan pertandingan pencak silat.

Para-Atlet-Silat-3.jpg

Sementara, Ketua IPSI Kuningan, Ukas Suharfaputra berterima kasih kepada jajaran Kodim 0615/Kuningan yang selama lima tahun dirinya menjadi Ketua IPSI, baru kali ini jajaran Kodim 0615/Kuningan membuka sinergitas dengan para pendekar Pencak Silat di Kuningan.

"Perhatian dari Pak Dandim bagi Pencak Silat di Kuningan tadi diungkapkan akan menggelar kompetisi reguler ke depannya. Mudah-mudahan bakal lahir kembali Atlet Silat yang bisa berbicara di kancah internasional, " kata Ukas.

Terpantau, dalam gelaran Festival Pencak Silat Kodim 0615/Kuningan itu diisi penampilan dari puluhan pendekar dari sejumlah 9 Paguron. Kesembilan paguron itu di antaranya Bima Suci, Tapak Suci, Padjadjaran Cimande Awirarangan, Merak Emas, Sinar Muda, Putra Ciremai, Perisai Diri, Pusaka Mande, dan Merpati Putih.

Hadir dalam kegiatan Kodim 0615 Kuningan itu, Ketua IPSI Kuningan, Ukas Suharfaputra, Ketua 1 IPSI Kuningan, Toto Suripto, Jajaran Pengurus IPSI, para Ketua Perguruan Pencak Silat se-Kabupaten Kuningan dan puluhan pesilat dari berbagai perguruan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES