Gaya Hidup

Cara Mudah Mengelola Keuangan

Selasa, 30 Juni 2020 - 06:09 | 56.26k
Ilustrasi - menghitung pengeluaran. (Foto: thetimes.uk)
Ilustrasi - menghitung pengeluaran. (Foto: thetimes.uk)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bukankah hidup jauh lebih mudah ketika anda dapat mengelola keuangan sampai akhir bulan? Memiliki barang yang anda inginkan, atau membeli sesuatu yang benar-benar dibutuhkan di akhir bulan tanpa memiliki kecemasan finansial akan menjadi hal yang luar biasa.

Jika anda masih juga kesulitan untuk mengatur keuangan meskipun gaji sudah lebih dari cukup, maka cara-cara berikut mungkin saja bisa membantu anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk memperbaiki keuangan anda yang dilansir dari The Balance.

1. Buat anggaran belanja

Banyak orang tidak membuat anggaran belanja karena mereka tidak ingin melalui apa yang mereka pikir akan menjadi proses yang membosankan. Tetapi jika anda mempunyai pengalaman buruk dengan manejemen keuangan. Maka hal ini perlu sekali anda lakukan.

2. Praktek

Membuat daftar anggaran tidak akan brguna jika tidak dipraktikkan. Buatlah daftar anggran anada sebagai rujukan untuk membantu anda  membuat keputusan pengeluaran.

3. Batasi pengeluaran anda

Terkadang, ketika  anda memiliki sisa uang,  anda akan terpancing untuk menggunakannya untuk hal-hal tertentu yang anda butuhkan. Namun, anda perlu membatasi diri untuk tetap menggunakannya namun dalam jumlah tertentu.

4. Dapatkan penawaran harga terbaik

Anda dapat membandingkan harga barang pada suatu toko dengan toko lainnya sebelum berbelanja. Cari diskon, kupon, dan alternatif yang lebih murah kapan saja anda bisa.

5. Menabung untuk membeli barang mahal

Menabunglah jika anda berniat untuk membeli barang dengan harga diatas rata-rata. Hal ini akan meminimalisir kesempatan anda untuk menggunakan kartu kredit atau berhutang. Karena ingat, kartu kredit mmiliki bunga yang lumayan. Dengan mmenabung alih-alih menggunakan kartu kredit, anda akan menghindari pembayaran bunga atas pembelian.

6. Isi rekening tabungan anda

Menyetorkan uang ke rekening tabungan setiap bulan dapat membantu  anda menagtur keunagn anda. Saat ini, bahkan bank mempunyai pilihan untuk mengatur setoran dari rekening utama anda sehingga uang secara otomatis ditransfer dari rekening giro anda ke rekening tabungan anda. Dengan begitu, anda tidak harus ingat untuk melakukan transfer. Tau-tau, tabungan sudah meluber.

Ingat, untuk melakukan ini, anda perlu latihan yang baik secara berurutan, berulang kali. Jangan berhenti sebelum memulai. Tenang dan buat langkah-langkah ini menjadi menyenangkan dan anda akan menjadi master dalam mengelola keuangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES