Peristiwa Daerah

Ketua Komisi IV DPRD Majalengka: Ayo Gandeng BUMDes Pulihkan Ekonomi saat New Normal

Senin, 29 Juni 2020 - 20:50 | 41.20k
Gedung DPRD Majalengka. (Foto: Jaja Sumarja/ TIMES Indonesia)
Gedung DPRD Majalengka. (Foto: Jaja Sumarja/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Ketua Komisi IV DRPD Majalengka, H Hanurajasa Tatang Riana mengatakan, disaat memasuki era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal, physical distancing dan sosial distancing merupakan cara ampuh untuk menghindari penyebaran Covid-19.

"Karenanya, semua pihak kedepan tentu belajar dengan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun sangat penting. Namun, untuk kebiasaan mencuci tangan dan menjaga kebersihan serta protokol kesehatan ini bukan berarti terus kita lupakan," ungkapnya, Senin (29/6/2020).

Menurut politisi PAN tersebut, bahwa di sejumlah kota lain masih ada penularannya hingga saat ini. Dengan posisi AKB ini, pemeritah juga berfikir tentang UMKM yang terdampak, masyarakat kecil dan lainnya. Pemerintah Kabupaten Majalengka diyakini tidak tinggal diam dalam menyiapkan tatanan dan tahapan. Terutama bukan berbicara lagi tentang jaring sosial melainkan jaring ekonomi.

Tak hanya itu, dinas terkait harus menyiapkan langkah tersebut. Begitu juga upaya Pemerintah Desa dalam mengeksplorasi BUMDes lebih maju kembali. Seperti di Desa Leuwimunding tengah mengadakan MoU kerja sama bagaimana perbankan di Leuwimunding ikut membantu memulihkan ekonomi menyiapkan kredit tanpa agunan.

"Dalam pelaksanaannya terutama untuk pedagang di Leuwimunding itu di ketahui oleh BUMDes Bedas Leuwimunding. Dengan di kafer itu betul-betul objektif. Yang bersangkutan di kafer oleh BUMDes. Tujuan itu untuk penguatan ekonomi kembali," jelas politisi asal Leuwimunding ini.

Dia mengungkapkan, perencanaan di tingkat kabupaten memang belum ketemu di forum Banggar. Namun pihaknya mendapatkan ada kegiatan yang sifatnya untuk memulihkan kembali. Seperti sektor pariwisata dibuka untuk menumbuhkembangkan kembali UMKM yang pemasarannya di tempat wisata.

"Diharapkan bisa secepatnya menjadi realisasi. Jika berbicara terdampak semuanya, namun pemulihan ekonomi akar rumputnya adalah di UMKM," jelas Ketua Komisi IV DRPD Majalengka, H Hanurajasa Tatang Riana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES